Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Melalui Gambar Berseri

  • Fransiskus Jemadi Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, NTT, Indonesia
  • Fatmawati Fatmawati Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, NTT, Indonesia
  • Raimundus Beda Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, NTT, Indonesia
  • Leonardus Par Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, NTT, Indonesia
  • Yosefina Rosdiana Su Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, NTT, Indonesia
  • Yustus S Halum Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, NTT, Indonesia
  • Ely Heldydiana Selamat Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, NTT, Indonesia
Keywords: Media pembelajaran, Gambar berseri, Menulis, Teks naratif

Abstract

Sebagai salah satu Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Manggarai Timur-Propinsi Nusa Tenggara Timur, siswa di SMAK Pancasila Borong mengalami kesulitan dalam mengembangkan keterampilan menulis dalam Bahasa Inggris. Oleh karena itu, tim PKM dari program studi pendidikan Bahasa Inggris Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng mengadakan kegiatan pengabdian untuk melatih siswa di sekolah tersebut. Kegiatan ini dirancang untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan menulis teks naratif dengan menggunakan media gambar berseri. Metode yang digunakan pada kegiatan PKM ini adalah presentasi dan simulasi atau latihan. Hasil dari kegiatan PKM ini menunjukan bahwa penggunaan media gambar berseri dalam menulis teks naratif dinilai baik oleh siswa. Dengan berkaca pada hasil kegiatan ini, penggunaan media gambar berseri dalam menulis perlu ditingkatkan dan digunakan dalam kelas untuk membantu siswa mengasah keterampilan menulis mereka

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-30
How to Cite
Jemadi, F., Fatmawati, F., Beda, R., Par, L., Su, Y. R., Halum , Y. S., & Selamat, E. H. (2021). Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Melalui Gambar Berseri. Surya Abdimas, 5(3), 322-327. https://doi.org/10.37729/abdimas.v5i3.1232
Section
Articles