Workshop Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mereduksi Miskonsepsi IPA pada Siswa Sekolah Dasar

  • Anatri Desstya Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Ika Candra Sayekti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Muhammad Abduh Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Sukartono Sukartono Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Keywords: Workshop, Kompetensi guru, Miskonsepsi, IPA, Reduksi miskonsepsi

Abstract

Miskonsepsi IPA merupakan kondisi ketidaksesuaian antara pemahaman konsep IPA dari seorang pembelajar dengan konsep ilmiah dari para ilmuwan. Miskonsepsi IPA yang terjadi pada siswa SD merupakan tanggungjawab besar bagi para guru untuk bisa mengatasi dan mereduksinya. Dengan demikian pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mereduksi miskonsepsi IPA bagi siswa sekolah dasar. Sasaran mitra adalah guru sekolah dasar dari sekolah negeri dan swasta yang ada di wilayah Surakarta. Pengabdian ini dilakukan dengan tahap: persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan metode workshop, ceramah, tanya jawab, praktikum, dan diskusi klinis. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman tentang makna/ arti miskonsepsi, cara mereduksi, cara mendeteksi dan identifikasi miskonsepsi, jenis instrumen untuk mendeteksi miskonsepsi dari 16% meningkat menjadi 94%. Hasil yang kedua menunjukkan bahwa terjadi penurunan kondisi miskonsepsi IPA yang semula 90% guru menjadi 30% guru yang mengalami miskonsepsi. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini telah mampu meningkatkan kompetensi guru untuk mereduksi miskonsepsi pada siswanya. Namun, dalam menerapkan pemahamam yang telah diperoleh, perlu pendampingan bagi guru secara berkesinambungan terutama dalam menyusun instrumen dan melakukan deteksi miskonsepsi pada siswanya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-29
How to Cite
Desstya, A., Sayekti , I. C., Abduh, M., & Sukartono, S. (2021). Workshop Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mereduksi Miskonsepsi IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Surya Abdimas, 5(4), 493-502. https://doi.org/10.37729/abdimas.v5i4.1402
Section
Articles