Pendampingan Guru Dalam Mereduksi Kejenuhan Belajar Daring Peserta Didik di Masa Pandemi Melalui Aplikasi Icando

  • Fanny Septiany Rahayu Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia
  • Dianasari Dianasari Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia
  • Kartika Nur Tetaripas Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia
Keywords: Pendampingan, Guru PAUD, Kejenuhan belajar, Icando

Abstract

Proses pembelajaran hendaknya diselenggarakan secara interaktif, menyenangkan, menantang, inspiratif, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 membuat sebagian peserta didik bosan dan cukup merepotkan orang tua. Program pendampingan guru melalui aplikasi ICANDO ini diharapkan menjadi salah satu inisiasi guru untuk mereduksiĀ  kejenuhan yang dialami peserta didik dan meningkatkan kualitas pembelajaran itu sendiri. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendampingan partisipatif (ceramah, praktek, dan diskusi). Sebagai mitra dalam kegiatan ini adalah Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus III Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Berdasarkan hasil dari program ini para guru mampu menguasai media pembelajaran alternatif yang dapat mereduksi kejenuhan belajar peserta didik melalui aplikasi Icando. Upaya tindak lanjut adalah melalui pendampingan berkelanjutan melalui program kerja lain agar bertambah wawasan, penambahan khasanah keilmuan bagi guru, dan pelaksanaan pembelajaran berlangsung dengan menarik dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-28
How to Cite
Rahayu, F. S., Dianasari, D., & Tetaripas, K. N. (2022). Pendampingan Guru Dalam Mereduksi Kejenuhan Belajar Daring Peserta Didik di Masa Pandemi Melalui Aplikasi Icando. Surya Abdimas, 6(1), 151-158. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i1.1576
Section
Articles