Desiminasi Hasil Penelitian: Pemrosesan Informasi Sosial Pembelajaran Berbicara Bahasa Jawa Dengan Pendekatan Komunikatif di Sekolah Menengah Atas

  • Yuli Widiyono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Rochimansyah Rochimansyah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Herlina Setyowati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Pendekatan komunikatif, Keterampilan berbicara

Abstract

Pendekatan komunikatif  dilandasi pengertian bahasa sebagai sarana mengungkapkan makna fungsional lewat kompetensi kebahasaan, wacana, sosiokultural, dan kompetensi aksional. Pendekatan komunikatif ini menekankan keterampilan kebahasaan dan kompetensi  komunikatif dalam praktik berbahasa Jawa yaitu bisa menyampaikan komunikasi menggunakan bahasa Jawa sesuai dengan fungsi imperatif, deklaratif, interogatif dengan berbagai modus yang disajikan. Pengembangan dari model pembelajaran yang sesuai dengan karakter dalam materi pembelajaran akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Model Pemrosesan informasi soisal merupakan model pembelajaran yang menekankan kemampuan pembelajar untuk membentuk makna dengan memperoleh, mengolah data, dan menghasilkan solusi-solusi yang tepat terhadap masalah, serta mengembangkan konsep bahasa dalam berinteraksi  untuk mempersiapkan dalam mengembangkan proses pembelajaran yang demokratis dan terpadu, baik dalam tataran pribadi maupun sosial serta meningkatkan kegiatan berbasis demokrasi sosial yang produktif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30
How to Cite
Widiyono, Y., Rochimansyah, R., & Setyowati, H. (2020). Desiminasi Hasil Penelitian: Pemrosesan Informasi Sosial Pembelajaran Berbicara Bahasa Jawa Dengan Pendekatan Komunikatif di Sekolah Menengah Atas. Surya Abdimas, 4(1), 25-36. https://doi.org/10.37729/abdimas.v4i1.508
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)