Pengaruh Kemampuan Praktek Mata Kuliah Teknologi Motor Bensin Terhadap Kesiapan Menghadapi Praktek Kerja Industri Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo

  • Adi Subekti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Arif Susanto Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Kesiapan menghdapi prakerin, kemampuan praktik, TMB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan praktek mata kuliah Teknologi Motor Bensin dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap kesiapan menghadapi praktek kerja industri mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif semester IV tahun 2020/2021 Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jenis Penelitian ini adalah Ex Post Facto dengan jumlah populasi 32 siswa semester 4 Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode kuisioner dan juga dokumentasi. Validasi kuisioner yang akan diberikan kepada subyek berupa angket yang terlebih dahulu diberikan kepada ahli dan menggunakan skala Likert empat pilihan jawaban untuk mengukur kesiapan kesiapan siswa menghadapi prakerin. Data dari kemampuan praktik diperoleh dengan metode dokumentasi diambil dari database nilai pihak sekolah. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Variabel kemampuan praktik mata kulian Teknologi Motor Bensin berpengaruh signifikan terhadap kesiapan praktek kerja industri mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejon 2020/2021. Berdasarkan hasil pengujian, pengaruh kemampuan praktik Teknologi Motor Bensin terhadap kesiapan siswa menghadapi prakerin diperoleh data hasil uji regresi sebesar 0,001, hasil uji koefisien korelasi sebesar 0,001 dengan taraf 1% dan hasil uji t sebesar thitung 3,591 lebih besar dari ???????????????????????? 2,005. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel kemampuan praktek teknologi motor bensin berpengaruh sebesar 1% pada kesiapan prakerin mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun 2020/2021.

References

Gasong, Dina. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Hamalik, Oemar. (2007). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Kemampuan (Def.1) (n.d). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses melalui http://kbbi.web.id/mampu, 28 Mei 2020.
Sugiono (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugianto, A., & Suyitno, S. (2018). PENGARUH KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 8 PURWOREJO. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 12(01). http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/4863/4467 Suyitno, S., & Syakirun, S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VIDIO PADA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 4(1), 19-34. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/view/4889/4491 Kurnia, F., & Suyitno, S. (2018). UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POMPA BAHAN BAKAR TIPE DISTRIBUTOR DI SMK N 4 PURWOREJO. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 12(01). http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/4870/4474 Sutrisno, Y., & Suyitno, S. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING PADA SISWA KELAS XI TKR B SMK NEGERI 4 PURWOREJO. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 12(02). http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/4882/4486
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Robbins, Stephen. Dkk. 2009. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. Suyitno, S., Widianto, I., & binti Masrul, S. (2018). Development of learning media for the course of two-stroke gasoline motors to improve students’ learning outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 24(1), 83-90. https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/18008/10719 Suyitno, S. (2015). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL UNTUK MATERI SISTEM PEMINDAH TENAGA OTOMOTIF. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 5(2). http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/1893/1793
Prasetya, A., & Suyitno, S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM DIFFERENTIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK TAMTAMA KROYA TAHUN AJARAN 2017/2018. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 12(01). http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/4861/4465
Prasmoro, W. J., & Suparmin, S. (2015). KORELASI PRESTASI PRAKTIK INDUSTRI DAN WAWASAN WIRAUSAHA DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK YPT PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. TAMAN VOKASI, 3
Published
2021-06-01
How to Cite
Subekti, A., & Susanto, A. (2021). Pengaruh Kemampuan Praktek Mata Kuliah Teknologi Motor Bensin Terhadap Kesiapan Menghadapi Praktek Kerja Industri Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 16(2), 86-97. https://doi.org/10.37729/autotech.v16i2.1207
Section
Articles