HUBUNGAN BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH DAN PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU SMK DI KECAMATAN CIKANDE

  • Ahlan Kurniawan SMK N 1 Cikande
  • Khoirul Munir Magister Manajemen, Program Studi Pascasarjana, Universitas Bina Bangsa
  • Ade Hidayat Magister Manajemen, Program Studi Pascasarjana, Universitas Bina Bangsa
Keywords: Budaya Organisasi Sekolah, Kinerja Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah

Abstract

 

 Hubungan Budaya Organisasi Sekolah dan Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru SMK di Kecamatan Cikande Kabupaten Serang. Tujuan penelitian ini adalah mengukur hubungan yang signifikan antara budaya organisasi sekolah dengan kinerja guru; hubungan yang signifikan antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru; dan hubungan yang signifikan antara budaya organisasi sekolah dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah secara bersama–sama dengan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 82 orang guru SMK di Kecamatan Cikande Kabupaten Serang. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan analisis data menggunakan korelasi, regresi, uji t dan uji F. Hasil temuan menunjukkan hubungan yang signifikan antara budaya organisasi sekolah dengan kinerja guru dapat dijelaskan dengan nilai koefisien korelasi 0,546 dan nilai thitung sebesar 5,828 lebih besar dari > 1,993 (ttabel). Dimana besarnya kontribusi hubungan budaya organisasi sekolah terhadap kinerja guru secara signifikan sebesar 29,8%. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru dapat dijelaskan dari nilai koefisien korelasinya sebesar 0,227 dan nilai thitung adalah 2,085 lebih besar dari > 1,993 (ttabel). Dimana kontribusi hubungan kepemimpinan kepala sekolah ditinjau dari persepsi guru dengan kinerja guru hanya 5,2%. Terdapat hubungan yang signifikan antara budaya organisasi sekolah dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah secara bersama–sama dengan kinerja guru. Hal ini dijelaskan dari nilai koefisien korelasinya sebesar 0,552 dan nilai Fhitung sebesar 17,291 > Ftabel sebesar 3,12. Dimana besarnya kontribusi hubungan budaya organisasi sekolah dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah secara bersama–sama terhadap kinerja guru sebesar 30,4%. 

References

Davis, Keith. 1989. Perilaku Dalam Organisasi. Jilid I. Edisi Ke-7/ Ter- Jemahan Agus Dharma. Erlangga.
Febriantina, Susan, Febi Lutfiani, and Nuryetty Zein. 2018. “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru.” TADBIR MUWAHHID 2:120. doi: 10.30997/jtm.v2i2.1313.
Haq, Mohammad S., and Bayuk N. A’yun. 2020. “The Influence of Teacher Performance and School Culture on School Quality.” Pp. 87–91 in. Atlantis Press.
Karweti, Engkay. 2010. “Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SLB Di Kabupaten Subang.” 11(2):12.
Kholifah, N., H. Sofyan, P. Pardjono, P. Sudira, and M. Nurtanto. 2021. “Explicating the Experience of Beginner Vocational Teachers.” TEM Journal 10(2):719–23. doi: 10.18421/TEM102-28.
Kiding, Seprianus. 2021. “Peran Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Yang Baik.”
Krosnick, Jon A. 1999. “Survey Research.” Annual Review of Psychology 50(1):537–67. doi: 10.1146/annurev.psych.50.1.537.
Mutohhari, Farid, S. Sutiman, Muhammad Nurtanto, Nur Kholifah, and Achmad Samsudin. 2021. “Difficulties in Implementing 21st Century Skills Competence in Vocational Education Learning.” International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 10(4):1229. doi: 10.11591/ijere.v10i4.22028.
Nurtanto, Muhammad, Nur Kholifah, Alias Masek, Putu Sudira, and Achmad Samsudin. 2021. “Crucial Problems in Arranged the Lesson Plan of Vocational Teacher.” International Journal of Evaluation and Research in Education 10(1):345–54.
Samier, Eugenie A., Eman S. Elkaleh, and Waheed Hammad. 2021. Internationalisation of Educational Administration and Leadership Curriculum: Voices and Experiences from the ‘Peripheries.’ Emerald Group Publishing. Suyitno, S. (2018). Penelitian Tindakan Kelas, Eksperimen dan R & D. Alfabeta. Bandung.
Skills, Great Britain: Department for Education and. 2006. Schools for the Future: Design of Sustainable Schools; Case Studies. The Stationery Office.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Published
2022-01-24
How to Cite
Kurniawan, A., Munir, K., & Hidayat, A. (2022). HUBUNGAN BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH DAN PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU SMK DI KECAMATAN CIKANDE. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 17(1), 1-11. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/autotech/article/view/1777