PEMANFAATAN FIBERGLASS UNTUK PEMBUATAN BODY KENDARAAN MOBIL LISTRIK “SALWA” UM PURWOREJO

  • Mike Elly Anitasari Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Bayu Sulistyo Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: raancangan, bidy, mobil listrik, fiberglass

Abstract

 

 Pemanfaatan fiberglass di indonesia masih terbatas untuk pembuatan komponen bodi kendaraan minibus dan bus saja, masih belum banyak kendaraan jenis sedan rakitan dalam negeri yang mencantumkan spesifikasi aslinya sebagai bodi dengan bahan fiberglass. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui jenis bahan bodi yang tepat untuk digunakan pada mobil listrik “SALWA” UM Purworejo. (2) Mengetahui desain bentuk bodi mobil listrik listrik “SALWA” UM Purworejo yang menggunakan bahan fiberglass sebagai bahan utamanya. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan obyek penelitian yang diambil adalah rancangan mobil listrik “SALWA” UM Purworejo. Metode pengambilan data yang dilakukan dalam pembuatan bodi yaitu metode literatur, metode observasi dan metode interview. Setelah menetapkan metode yang diinginkan, maka pembuatan bodi mobil dilakukan. Dalam pembuatanya diperlukan beberapa persiapan, yaitu pembuatan desain, pembuatan cetakan, dan pembuatan bodi mengunakan media fiberglass. Pembuatan bodi disesuaikan dengan dimensi panjang dan lebar pada chasis. Kesimpulan dari peneitian ini adalah bodi prototype mobil listrik dapat terpasang pada rangka dengan baik setelah mobil digunakan atau dikendarai dan bodi prototype Mobil listrik dibuat dari fiberglass bahan tersebut sangat tepat karena mempunyai karakter yang ringan, mudah dibentuk. Penelitian ini dilakukan dari tahap kelayakan dengan validasi desain sampai membuat produk dan mengujinya. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli desain diperoleh skor rata-rata sebesar 85% dengan kriteria “Valid” sehingga produk layak untuk digunakan. 

References

Fenton, J. (1980). Vehicle Body Layout And Analysis. London : Mechanical Engineering Publications.
Hartoto M. 2011 Rancang Ulang dan Pembuatan Pintu Mobil Etanol. Universitas Sebelas Maret. Proyek Akhir.
Rahman A. 2015. Pembuatan Bodi Mobil Listrik dengan Mengunakan Media Fiberglass. Universitas Negri Semarang. Tugas Akhir.
Ranggadhea A. 2016. Pengecatan Frame Gokart Secara Overlapping Non Ove. Univeritas Tidar. Laporan Akhir.
Sidik A. 2013. Pengecatan Bodi Kendaraan 1. Jakarta. Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik & Tenaga Kependidikan.
Sugiyono A. 2016. Pengembangan energi untuk mendukung industri hijau Indonesia. Jakarta. Pusat Teknologi Sumberdaya Energi dan Industri Kimia BPPT.
Sularso., & Suga, K. (1985). Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta : Pradnya Paramita.
Tim Fakultas Teknik UNY. 2014. Membuat (Fabrikasi) Komponen Fiberglass/ Bahan Komposit.
Published
2022-01-19
How to Cite
Anitasari, M. E., & Sulistyo, B. (2022). PEMANFAATAN FIBERGLASS UNTUK PEMBUATAN BODY KENDARAAN MOBIL LISTRIK “SALWA” UM PURWOREJO. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 17(1), 45-50. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/autotech/article/view/1782