Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Dengan Metode Project Based Learning Terhadap Kompetensi Sistem Bahan Bakar Diesel di Universitas Muhammadiyah Purworejo

  • Alif Ahmad Fadlil Zen Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Bambang Sudarsono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: PBL, Minat belajar, Hasil belajar

Abstract

Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Dengan Metode Project Based Learning Pada Kompetensi Sistem Bahan Bakar Diesel di Universitas Muhammadiyah Puworejo”. Program Keahlian Pendidikan vokasional teknologi otomotif universitas muhammadiyah Purworejo”.. Skirpsi. Pendidikan Teknik Otomotif. FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan penelitaian tindakan kelas dengan metode pembelajaran project based learning dalam kompentesi sistem bahan bakar diesel, 2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran project based learning terhadap minat belajar siswa, dan 3) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa. 1) Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah mahasiswa

semester 4 Program pendidikan otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun ajaran 2019, yang berjumlah 24 orang yang semuanya adalah mahasiswa laki-laki. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas mahasiswa yang menunjukkan minat belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh dosen sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran project based learning. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata minat dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa minat dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. 2) Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata minat mahasiswa dari pra siklus dengan persentase 63,75% berkategori kurang, naik menjadi 67,29% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 76,46%. 3) Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran project based learning berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 32%, pada siklus I meningkat sebesar 48% naik menjadi 79% pada siklus II.

Published
2019-01-31
How to Cite
Zen, A. A. F., & Sudarsono, B. (2019). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Dengan Metode Project Based Learning Terhadap Kompetensi Sistem Bahan Bakar Diesel di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 14(1), 48-53. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/autotech/article/view/534
Section
Articles