Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Mata Pelajaran Sistem Starter

  • Dede Lia Awwalia Azizah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Arif Susanto Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Metode, pembelajaran, jigsaw, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pembelajaran dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa Kelas XII pada Mata Pelajaran Sistem Starter di SMK Al Ikhlas Losari, 2) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap minat belajar siswa dan 3) mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa minat dan hasil belajar siswa meningkat pada tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata minat siswa dari pra siklus dengan persentase 58,60% berkategori kurang, naik menjadi 64,07% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 76,60%. Meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 44%, pada siklus I meningkat sebesar 64% naik menjadi 76% pada siklus II.

Published
2021-01-29
How to Cite
Awwalia Azizah, D. L., & Susanto , A. (2021). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Mata Pelajaran Sistem Starter . Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 16(1), 36-42. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/autotech/article/view/920
Section
Articles