Pengembangan Media Kelubatar Berbasis Android Pada Pemahaman Konsep Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas IV SD

  • Naila Nur Niswatul Ula Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Sultan Agung
  • Nuhyal Ulia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Sultan Agung
  • Rida Fironika Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Sultan Agung
Keywords: Android, Kelubatar Media, Touring Concept

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Kelubatar berbasis android pada pemahaman konsep kelas 4 SD serta untuk mengetahui kelyakan dan kepraktisannya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman konsep kelas 4 SD pada materi keliling dan luas bangun datar. Keterbaruan media ini ialah menggunakan android dalam proses penggunaannya. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluate). Berdasarkan lima tahapan tersebut pengembangan media Kelubatar dihasilkan dari presentase kelayakan 89,5% sedangkan kepraktisan guru memperoleh presentase 80% dan kepraktisan siswa menperoleh presentase 94%. Uji coba penggunaan produk untuk mengetahui pemahaman konsep mendapatkan presentase 96% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan  bahwa media Kelubatar merupakan media layak dan praktis untuk materi keliling dan luas bangun datar.

References

Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.634
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Putranto, S., & Dhoruri, A. (2013). Perbandingan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik ( Pmr ) Bagi Siswa Smp Kelas Viii Sesuai Kurikulum 2013. 1–10.
Resiani, N. K., Agung, A., Agung, G., & Jampel, I. N. (2015). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP DI SMP N 7 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014 / 2015 Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha digunakan . Media disini sangat penting siswa . 1.
Sadiman, S., Raharjo dan Haryono, A. (2014). MEDIA PENDIDIKAN (17th ed.). Rajawali Pers.
Satyaputra, A dan Aritonang, E. (2016). Let’s Build Your Android Apps with Android Studio. PT Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180
Sutaji, D. A. T. (2020). EDULAN (EDUKASI PAHLAWAN) - MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MUATAN PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN PARA PAHLAWAN KELAS IV DI SDN MUKTIHARJO LOR. 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1155/2010/706872
Ulia, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Pendekatan Saintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 55–68.
Published
2021-04-29
How to Cite
Naila Nur Niswatul Ula, Nuhyal Ulia, & Rida Fironika. (2021). Pengembangan Media Kelubatar Berbasis Android Pada Pemahaman Konsep Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 3(1), 20-29. https://doi.org/10.37729/jipm.v3i1.1042
Section
Articles