Etnomatematika pada Budaya Lokal Batik Kawung

Konsep Kekongruenan dan Kesebangunan pada Batik Kawung, Konsep Transformasi Geometri pada Batik Kawung

  • Muhamad Syahdan Sa'id Syahdan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Alat Peraga Matematika; Batik Kawung; Budaya Lokal; Etnografi; Etnomatematika; Kekongruenan dan Kesebangunan; Transformasi Geometri

Abstract

Budaya merupakan suatu kebiasaan yang mengandung unsur-unsur nilai penting dan fundamental yang diwariskan dari generasi ke generasi. Kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan tidak lepas dari nilai matematika, sehingga memberikan hasil unik dan beragam. Hal ini terlihat dari bentuk dan hasil budaya yang ada khususnya di Indonesia seperti kesenian, bentuk bangunan, ukiran, perhiasan, dan sebagainya. Dalam budaya lokal, terkadang terdapat konsep matematika atau biasa disebut etnomatematika. Batik Kawung merupakan salah satu budaya lokal. Batik Kawung adalah motif batik yang bentuknya berupa bulatan mirip buah kawung (sejenis kelapa atau kadang juga dianggap sebagai aren atau kolang-kaling) yang ditata rapi secara geometris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi konsep matematika atau unsur etnomatematika pada Batik Kawung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat konsep matematika atau unsur etnomatematika pada Batik Kawung yaitu konsep kekongruenan dan kesebangunan serta konsep transformasi geometri, sehingga dapat digunakan sebagai alat peraga atau media dalam pembelajaran matematika.

References

Andriani, S., & Septiani, I. 2020. Etnomatematika Motif Ceplokan Batik Yogyakarta dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. DELTA Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 8(1).
Diyanah, H. 2020. Etnomatematika pada Batik Khas Bondowoso sebagai Bahan Lembar Kerja Siswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jember.
Fitriatien, S.R. 2016. Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. Conference: Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ikatan Alumni S3 Pendidikan Matema-tika Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Hasbullah. Media Pembelajaran Matematika. https://osf.io/79uqy.
Ide Proposal Skripsi. Penelitian Kualitatif Pendekatan Etnografi. https://ideproposalskripsi.blogspot.com/2019/05/penelitian-kualitatif-pendekatan-etnografi.html.
Krisna, E.D., dkk. 2012. Etnomatematika Batik dan Implementasinya dalam Pembelajaran Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Maulana, A., & Wijayanti, T. 2014. Penerapan Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Tingkat SMP. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta.
Muttaqin, M. Z., dkk. 2018. Belajar Matematika Melalui Batik Jlamprang. Prosiding Seminar Nasional Universitas Pekalongan “Job Outlook Mencari Atribut Ideal Lulusan Perguruan Tinggi”.
Naashir, A., dkk. 2018. Identifikasi Etnomatematika Batik Besurek Bengkulu sebagai Media dan Alat Peraga Penyampaian Konsep Kekongruenan dan Kesebangunan. Wahana Didaktika. 16(3).
Parmono, K. 2013. Nilai Kearifan Lokal dalam Batik Tradisional Kawung. Jurnal Filsafat. 23(2).
Sarwoedi, dkk. 2018. Efektivitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 3(2).
Sudirman, dkk. 2018. Penggunaan Etnomatematika pada Batik Paoman dalam Pembelajaran Geometri di Sekolah Dasar. Indomath: Indonesia Mathematics Education. 1(1).
Susanti, S.A., & Budiarto, M.T. 2020. Etnomatematika Batik Jonegoroan Ditinjau dari Aspek Literasi Matematis. Media Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FSTT UNDIKMA. 8(2).
Wahyuni, A., dkk. 2013. Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Wikipedia. 2021. Batik Kawung. https://id.wikipedia.org/wiki/BatikKawung#:~:text=Batik%20Kawung%20adalah%20motif%20batik,lembar%20mahkota%20bunga%20yang%20merekah.
Published
2021-10-31
How to Cite
Syahdan, M. S. S. (2021). Etnomatematika pada Budaya Lokal Batik Kawung: Konsep Kekongruenan dan Kesebangunan pada Batik Kawung, Konsep Transformasi Geometri pada Batik Kawung. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 3(2), 83-91. https://doi.org/10.37729/jipm.v3i2.1580
Section
Articles