Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ALSAK (Alqur'an Sains dan Karakter) Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

  • Winarto Winarto Universitas Peradaban
  • Yusup Wibisono Universitas Peradaban
  • Diyah Ayu Retnoningsih Universitas Peradaban
  • Dwi Hesty Krityaningrum Universitas Peradaban
Keywords: ALSAK, Bahan Ajar, Mahasiswa Pendekatan Karakter, Pengembangan

Abstract

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang
Penguatan Pendidikan Karakter (PKK), mengharuskan perguruan tinggi
melaksanakan pendidikan karakter. Pertimbangan lain pentingnya pendidikan
karakter adalah banyaknya kasus kriminal yang pelakunya berasal dari kalangan
mahasiswa. Pendapat para ahli mengatakan pendidikan karakter dapat dilakukan
melalui integrasi pembelajaran atau di luar pembelajaran. Bagaimana melaksanakan
pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam pembelajaran di perguruan tinggi
perlu dilakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan
media bahanajar mata kuliah konsep dasarIPA untuk calon guru. Jenis penelitian ini
adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang
digunakan adalah 4D dari Thiagarajan (1974). Teknik sampel yang digunakan yaitu
purpossive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket
dan tes. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh (1)
media bahan ajar konsep dasar IPA dikembangkan berdasarkan studi pendahuluan
belum tersedia media yang mengemas bahan ajar dengan pendekatan ALSAK. (2)
Bahan ajar konsep dasar IPA layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi
media, materi dan respon siswa dengan kategori sangat baik

Published
2021-08-31
How to Cite
Winarto, W., Wibisono, Y., Retnoningsih, D. A., & Krityaningrum, D. H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ALSAK (Alqur’an Sains dan Karakter) Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-12. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/1632
Section
Articles