Analisis Pola Asuh Orang Tua Pada Anaknya yang Berprestasi Dalam Belajar Matematika DI SD Muhammadiyah Kutoarjo

  • Nur Azizah Isnaini Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Supriyono Supriyono Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Rintis Rizkia Pangestika Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: pola asuh orang tua, prestasi belajar, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola asuh orang tua pada anaknya yang
berprestasi dalam belajar matematika di SD Muhammadiyah Kutoarjo. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif, dengan desain penelitian fenomenologi. Subjek penelitian
dalam penelitian ini adalah siswa dan orang tua siswa yang berprestasi dalam belajar
Matematika di SD Muhammadiyah Kutoarjo. Teknik pengambilan subjek menggunakan
purposive sampling dan snowball sampling. Instrumen pengumpulan data yaitu peneliti
sendiri dengan alat bantu berupa pedoman wawancara, angket dan dokumentasi berupa hasil
belajar dan piagam. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian
data, verifikasi data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan model Miles
dan Huberman dengan menggunakan bahan referensi, yaitu adanya pendukung untuk
membuktikan data yang telah ditemukan. Pada penelitian ini data hasil wawancara perlu
didukung dengan adanya rekaman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat
disimpulkan bahwa kedelapan orang tua menerapkan pola asuh demokratis. Dari penelitian
tersebut dapat diperoleh pola asuh orang tua pada anaknya yang berprestasi dalam belajar
Matematika di SD Muhammadiyah Kutoarjo yaitu: (1) kontrol terhadap anak yang fleksibel,
orang tua tidak mengekang atau melarang anak untuk berbuat sesuatu akan tetapi orang tua
memberikan pengawasan, (2) terjadi komunikasi dua arah antara orang tua dan anak, orang
tua memberikan nasehat kepada anak jika melakukan kesalahan, anak diberikan kebebasan
untuk berpendapat dan orang tua menghargai pendapat tersebut. Jika anak melakukan
kesalahan orang tua memberikan nasehat dan mengarahkan ke hal yang benar. Selain itu
orang tua dan anak berdiskusi tentang rencana belajar untuk kebaikan anak.

Published
2021-08-31
How to Cite
Isnaini, N. A., Supriyono, S., & Pangestika, R. R. (2021). Analisis Pola Asuh Orang Tua Pada Anaknya yang Berprestasi Dalam Belajar Matematika DI SD Muhammadiyah Kutoarjo. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 88-92. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/1650
Section
Articles