Literasi Matematika Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Teori Multiple Intelegent

  • Kusuma Ardi Wijaya Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Kardiman Kardiman Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Dwi Indah C. Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Rintis Rizkia Pangestika Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Literasi, Matematika, Multiple Intellegence

Abstract

Sumber daya manusia yang bermutu merupakan faktor penting dalam pembangunan di
era globalisasi saat ini. Pengalaman di banyak negara menunjukkan, sumber daya
manusia yang bermutu lebih penting dari pada sumber daya alam yang melimpah.
Disadari, daya saing bangsa Indonesia di tengah bangsa lain cenderung kurang
menggembirakan. Salah satunya, tercermin dalam perbandingan Indeks Pembangunan
Manusia (IPM). Sumber daya manusia yang bermutu hanya dapat diwujudkan dengan
pendidikan yang bermutu, termasuk di dalamnya adalah penguasaan matematika dan
pemahamannya secara holistik. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah
matematika beserta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari dijadikan sabagai gambaran
baik atau tidaknya kualitas pendidikan. Oleh karena itu, masyarakat dengan segala
keunikan kecerdasan individunya harus memiliki kemampuan literasi Matematika dan
koneksi matematika yang memadai. Seseorang yang literate Matematika tidak sekedar
paham tentang matematika akan tetapi juga mampu mengunakannya dalam pemecahan
masalah sehari-hari. Selain itu, kita juga bisa menggunakan salah satu cara untuk
meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan menggunakan teori multiple
intelegent. Setiap individu harus mempunyai kemampuan ganda yang berarti seseorang
mampu menyelesaikan setiap masalah yang ada sesuaidenganbakat yang dimilikinya.
Tidak hanya mempunyai suatu pemikiran untuk menyelesaikannya saja namun juga harus
dapat mempraktikan dala kehidupan nyata.

Published
2020-08-31
How to Cite
Wijaya, K. A., Kardiman, K., Indah C., D., & Pangestika, R. R. (2020). Literasi Matematika Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Teori Multiple Intelegent. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 22-29. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/902
Section
Articles