Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Kelas V Madrasah Ibtidaiyah

  • Amalina Hanik Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Hots, Instrumen tes, Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui cara mengembangkan instrumen tes berbasis HOTS pada pendekatan saintifik kelas V MI; 2) mengetahui kelayakan instrumen tes berbasis HOTS pada pendekatan saintifik kelas V MI; 3) mengetahui respon peserta didik terhadap instrumen tes berbasis HOTS pada pendekatan saintifik kelas V MI; dan 4) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan instrumen tes berbasis HOTS pada pendekatan saintifik kelas V MI. Instrumen tes dikembangkan menggunakan model 4D. Model 4D terdiri dari empat tahap yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Hasil reliabilitas, hasil kelayakan, dan hasil keterlaksanaan pembelajaran menggunakan instrumen tes berbasis HOTS pada pendekatan saintifik kelas V MI dihitung mengguna kan rumus PA. Penelitian lapangan dilaksanakan pada tanggal 2-7 Juli 2020. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Al-Iman Purwosari yang berjumlah 17 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) instrumen tes dikembangkan dengan menggunakan model 4D; 2) kelayakan instrumen tes mendapatkan rata-rata keseluruhan aspek sebesar 3,8 dengan kriteria sangat baik dan mendapatkan PA 93,5% dengan kriteria realiabel; 3) respon dengan 6 peserta didik
mendapatkan persentase 76,4% dengan kriteria positif, sedangkan respon dengan 11 peserta didik mendapatkan persentase 93,9% dengan kriteria sangat positif; 4) keterlaksanaan pembelajaran petemuan I mendapatkan PA 87,7%, pertemuan II mendapatkan PA 89,7%, dan pertemuan III mendapatkan PA 91,7% sehingga diperoleh kriteria reliabel.

Published
2021-02-28
How to Cite
Hanik, A., Ashari, & Ngazizah, N. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 74-84. https://doi.org/10.37729/jpd.v2i1.967
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)