Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya di Kelas V SD Negeri 2 Seren Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Eka Afdholiyah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Riawan Yudi Purwoko Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Kreativitas belajar siswa, Metode mind mapping, Tema panas dan perpindahannya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatkan kreativitas belajar siswa, (2) mengetahui aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, (3) mengetahui aktivitas siswa melalui penerapan metode Mind Mapping pada tema Panas dan Perpindahannya di kelas V SD Negeri 2 Seren. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Seren tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 10 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan metode Mind Mapping pada tema Panas dan Perpindahannya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran melalui penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada tema Panas dan Perpindahannya di kelas V SD Negeri 2 Seren tahun pelajaran 2019/2020 yaitu dilihat dari persentase kreativitas belajar siswa pada siklus I mencapai 30% dengan jumlah siswa yang mencapai ≥ KKM adalah 3 siswa dengan rata-rata 63 (cukup kreatif), pada siklus II meningkat menjadi 90% yaitu terdapat 9 siswa yang mencapai nilai ≥ KKM dengan rata-rata 83,5 (sangat kreatif). (2) Aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan penerapan metode mind mapping pada tema Panas dan Perpindahnnya di kelas V SD Negeri 2 Seren, siklus I mencapai kategori baik dengan persentase 72,8%. Siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,6% yang berada pada kategori baik sekali. (3) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan penerapan metode mind mapping pada tema Panas dan Perpindahnnya di kelas V SD Negeri 2 Seren, siklus I berada pada kategori cukup dengan persentase 64%. Siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,3% yang berada pada kategori baik sekali.

Published
2021-02-28
How to Cite
Afdholiyah, E., Anjarini, T., & Purwoko, R. Y. (2021). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya di Kelas V SD Negeri 2 Seren Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 95-105. https://doi.org/10.37729/jpd.v2i1.973
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)