Penerapan Model Snowball Throwing Tema Lingkungan Sahabat Kita sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar

  • Hidayatul Farida Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Suyoto Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Snowball Throwing, Lingkungan Sahabat Kita, Keaktifan Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri Wonogiri dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. 2) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing. Materi pembelajarananya yaitu tema Lingkungan Sahabat Kita subtema 1 yaitu Manusia dan Lingkungan. Snowball Throwing merupakan model pembelajaran seperti melempar bola salju dari kertas yang di dalamnya terdapat pertanyaan yang dibuat oleh siswa untuk diberikan kepada siswa lain yang harus dijawab. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerpkan model pembelajaran Snowball Throwing yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Wonogiri yang berjumlah 10 siswa pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan lembar pengamatan keaktifan belajar dengan indikator keberhasilannya ≥75%, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, dan dokumentasi. Hasil penelitian setelah penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing pada siklus I mencapai 64,37% dan pada siklus II menjadi 79,68%. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan pada
keaktifan belajar siswa, kemudian persentase pada keterlaksanaan pembelajaran siklus I mencapai 76,38%, dan siklus II mencapai 88,88%. Keterlaksanaan pembelajaran ini menunjukkan adanya peningkatan.

Published
2021-02-28
How to Cite
Farida, H., Anjarini, T., & Suyoto. (2021). Penerapan Model Snowball Throwing Tema Lingkungan Sahabat Kita sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 118-125. https://doi.org/10.37729/jpd.v2i1.979
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)