Model Pengembangan Agrowisata Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus di Desa Karangtengah Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul DIY)

  • Sriyadi Sriyadi Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Keywords: Agrowisata,, Pengolahan Hasil,, Usaha tani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pengembangan agrowisata terhadap peningkatan nilai tambah produk pertanian, mengetahui dampak pengembangan agrowisata terhadap tingkat pendapatan petani dan mengetahui dampak pengembangan agrowisata terhadap distribusi pendapatan petani. Penelitian dilakukan dengan survei wawancara dengan petani dan pihak terkait serta obervasi lapangan. Pengembangan agrowisata mendorong masyarakat melakukan pengolahan hasil-hasil pertanian, meningkatkan pengelolaan usahatani dan pengelolaan di luar usahatani, dan dari hasil pengolahan hasil-hasil pertanian, pengelolaan usahatani dan pengelolaan kegiatan di luar usahatani dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga petani yang cukup signifikan. Direkomendasikan  untuk mengoptimalkan pengolahan hasil-hasil pertanian, pengelolaan usahatani dan pengelolaan kegiatan di luar usaha tani. 

Author Biography

Sriyadi Sriyadi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

 

 

Published
2018-06-29
How to Cite
Sriyadi, S. (2018). Model Pengembangan Agrowisata Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus di Desa Karangtengah Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul DIY). Jurnal Riset Agribisnis Dan Peternakan, 3(1), 1-13. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jrap/article/view/760
Section
Articles