Pengembangan Modul Fisika dengan Konten Kecerdasan Emosional untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik Kelas X SMK Negeri Nusawungu

  • Nurul Qomariyah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Arif Maftukhin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Nurhidayati Nurhidayati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Modul fisika, Konten kecerdasan emosional, HOTS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul fisika, mengetahui peningkatan HOTS, serta mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan modul fisika dengan konten kecerdasan emosional. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjekpenelitian ini adalah peserta didik SMK Negeri Nusawungu kelas X sejumlah 39 peserta didik, yang terdiri atas 4 peserta didik untuk uji coba terbatas dan 35 peserta didik untuk uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan validasi modul pembelajaran fisika dengan konten kecerdasan emosional dari tiga validator yaitu dua dosen ahli dan guru fisika mendapatkan nilai secara keseluruhan sebesar 3,43, termasuk dalam kategori cukup baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Uji reliabilitas diperoleh percentage agreement 98,74% sehingga data yang dihasilkan reliabel. Setelah menggunakan modul fisika dengan konten kecerdasan emosional, peningkatan HOTS tahap penerapan diperoleh N-gain 0,668 dan termasuk kategori peningkatan sedang. Respon peserta didik terhadap modul pembelajaran fisika dengan konten kecerdasan emosional  pada uji coba terbatas diperoleh persentase 76,56% dengan kategori baik dan tahap penerapan diperoleh persentase 84,1% dengan kategori baik. Dengan demikian, modul pembelajaran fisika dengan konten kecerdasan emosional yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik SMK.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-30
How to Cite
Qomariyah, N., Maftukhin, A., & Nurhidayati, N. (2017). Pengembangan Modul Fisika dengan Konten Kecerdasan Emosional untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik Kelas X SMK Negeri Nusawungu. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 10(1), 41-45. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/188
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>