Efektivitas Model Pembelajaran Anchored Instruction (AI) Terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Andi Iqbal Sidik Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Arif Maftukhin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Efektivitas, Konsep fisika, Anchored instruction

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas Model Pembelajaran Anchored Instruction (AI)
terhadap penguasaan konsep fisika dan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo tahun
pelajaran 2015/2016, dan mengetahui apakah ada perbedaan penguasaan konsep fisika dan hasil belajar dengan
model pembelajaran Anchored Instructioan (AI) siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran
2015/2016 dengan model. Populasi penelitian semua siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo. Sampel
penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-3 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X-4
dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen, teknik pengambilan data dilakukan dengan cara cluster random
sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, metode dokumentasi, dan metode wawancara.
Berdasarkan penelitian rata-rata hasil tes penguasaan konsep fisika sebesar 76,77. Rerata total keterlaksanaan
pembelajaran pada tiga pertemuan yaitu 2,87 dinyatakan “cukup baik” dan rerata Percentage Agreement pada
empat pertemuan 93,91% dinyatakan “sangat reliabel”. Efektivitas model pembelajaran Anchored Instruction
menggunakan uji t dengan db = 60 pada α 0,05 yaitu sebesar 2,00, setelah tes penguasaan konsep diperoleh
thitung=4,01 jatuh pada penolakan H0. Berdasarkan hasil tersebut maka model pembelajaran Anchored Instrction
dapat dikatakan efektif meningkatkan penguasaaan konsep fisika dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-28
How to Cite
Sidik, A. I., Ashari, A., & Maftukhin, A. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Anchored Instruction (AI) Terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 9(2), 59-64. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/202
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>