Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Heni Setiani Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Efektivitas, Literasi sains, Problem Based Learning

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA Negeri 10 Purworejo. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 10 Purworejo yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 190 siswa, sampel penelitian berjumlah 62 siswa, yaitu 32 siswa kelas X-6 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, metode observasi, metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dengan uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan literasi sains kelas eksperimen 79,32% dan gain 0,46 dengan kategori sedang. Penilaian kondisi sarana ruang kelas diperoleh 81,62% dengan kategori memenuhi standar. Rerata keterlaksanaan pembelajaran guru pada tiga pertemuan yaitu 3,54 dinyatakan baik dengan rerata Percentage Agreement (PA) 95,42% dinyatakan sangat reliabel, sedangkan rerata keterlaksanaan pembelajaran siswa pada tiga pertemuan yaitu 3,49 dinyatakan baik dengan rerata Percentage Agreement (PA) 97,55% dinyatakan sangat reliabel. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t diperoleh hasil tobs = 6,367 dengan ttabel = 2,000 dan daerah kritik db= 60 {t/t -2,000 atau t > 2,000}, yang berarti H0 ditolak (tobs ∉ DK) sehingga hasil model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan literasi sains. Berdasarkan hasil tersebut maka model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan literasi sains siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-09-30
How to Cite
Setiani, H., Ngazizah, N., & Kurniawan, E. S. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 9(1), 7-12. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/208
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>