Desain Pembelajaran IPA Terpadu Pada Topik Jantung Sebagai Pemompa Darah

  • Margaretha T. Weru Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Marmi Sudarmi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Diane Noviandini Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
Keywords: IPA terpadu, Tekanan jantung

Abstract

Kurikulum 2013 untuk SMP menuntut pembelajaran IPA Terpadu, suatu topik kajian IPA dibahas dari sudut pandang fisika, biologi, dan kimia sekaligus tidak lagi terpisah-pisah. Permasalahannya sebagian besar guru IPA berlatarbelakang pendidikan spesifik (fisika/biologi/kimia) dan terbiasa mengajar satu bidang ilmu saja. Hal ini menimbulkan kesulitan mengajar bidang ilmu lainnya, terlebih memadukan dua bidang ilmu untuk memecahkan satu masalah. Penelitian ini bertujuan : 1) membuat RPP IPA Terpadu pada topik jantung sebagai pemompa darah dengan pendekatan saintifik, 2) mengimplementasikan RPP yang dibuat dalam KBM di kelas untuk menguji keberhasilannya. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu soal evaluasi, lembar observasi, dan lembar kuisioner. Data dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Dari hasil penelitian, lebih dari 70% siswa terlibat aktif dan tertarik mengikuti pembelajaran serta berhasil membantu para siswa memahami pembelajaran dengan baik tanpa kesulitan. Hal ini terbukti dari hasil tes yang dilakukan 84% siswa mendapat nilai di atas 70. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran IPA Terpadu ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-04-30
How to Cite
Weru, M. T., Sudarmi, M., & Noviandini, D. (2015). Desain Pembelajaran IPA Terpadu Pada Topik Jantung Sebagai Pemompa Darah. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 6(2), 21-29. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/269
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>