Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jig Saw Di MTs Al Ikhlas Tanuraksan Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012

  • Yusri Asriyati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Pembelajaran kooperatif, Jig saw, Motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Al Ikhlas Tanuraksan Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 38 siswa terdiri dari 18 siswa putra dan 20 siswa putri. Faktor yang diteliti berupa peningkatan hasil belajar IPA Fisika siswa Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Jig Saw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX MTs Al Ikhlas Tanuraksan Kebumen dari 68,82% pada Siklus I menjadi 81,32% pada Siklus II. Peningkatan motivasi belajar ini juga diikuti peningkatkan prestasi belajar siswa dari 64,74 dengan tingkat ketuntasan 63,16% pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 74,47 dengan ketuntasan 81,58%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-09-28
How to Cite
Asriyati, Y. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jig Saw Di MTs Al Ikhlas Tanuraksan Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 1(1), 80-82. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/384
Section
Articles