Peningkatan Peran Aktif dalam Pembelajaran Fisika dengan Strategi Think-Talk-Write Pada Sisiwa SMP Negeri 4 Karangsambung Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014

  • Indarto Indarto Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Siska Desy Fatmaryanti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Peran Aktif, Think-Talk-Write

Abstract

Telah dilakukan penelitian guna meningkatkan peran aktif belajar fisika siswa melalui penerapan startegi ThinkTalk-Write di SMP Negeri 4 Karangsambung Kabupaten Kebumen.Populasi dari Penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Karangsambung dengan penerapan Strategi Think-Talk-Write. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan, (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Karangsambung Kebumen yang berlangsung pada bulan Mei 2014. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 11 siswa putri dan 11 siswa putra. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan observasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik persentase dengan tolak ukur peningkatan keberhasilan sebesar 40% secara kesluruhan.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi Think-Talk-Write dalam pembelajaran fisika mampu meningkatkan peran aktif pembelajaran fisika siswa SMP Negeri 4 Karangsambung. Peran aktif dalam pembelajar fisika siswa meningkat pada pra siklus 39,60% meningkat menjadi 71,98% secara keseluruhan, setelah diberi tindakan siklus I dan meningkat menjadi 80,85% setelah diberi tindakan siklus II secara keseluruhan. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah pembelajaran Strategi Think-Talk-Write dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran yang dapat meningkatan peran aktif siswa dalam belajar fisika.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-09-30
How to Cite
Indarto, I., Fatmaryanti, S. D., & Ashari, A. (2014). Peningkatan Peran Aktif dalam Pembelajaran Fisika dengan Strategi Think-Talk-Write Pada Sisiwa SMP Negeri 4 Karangsambung Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014 . Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 5(1), 62-65. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/414
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>