Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort pada Kelas VIII B MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo Poncowarno

  • Yuni Winarsih Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Raden Wakhid Akhdinirwanto Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis, Card Sort

Abstract

ini untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran fisika dengan model pembelajaran aktif tipe card sort pada siswa kelas VIII B MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo Poncowarno. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo Poncowarno Kebumen. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan pada Januari sampai Pebruari tahun 2014 pada pokok bahasan hukum newton dan energi dan usaha. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu: metode angket, metode observasi dan metode tes. Setelah data diperoleh dianalisis menggunakan deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran aktif tipe card sort dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di kelas VIII B MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo Poncowarno tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dilihat dari persentase jawaban pengakuan siswa yang diperoleh dari angket keterampilan berpikir kritis siswa, diperoleh persentase rata-rata 54% pada pra siklus menjadi 64% pada siklus I dan menjadi 72% pada siklus II. Berdasarkan data hasil observasi keterampilan berpikir kritis siswa, diperoleh persentase rata-rata 47% pada pra siklus menjadi 60% pada siklus I dan menjadi 66% pada siklus II. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, dari nilai rata-rata awal 59,9 menjadi 62,8 pada siklus I dan menjadi 70,3 pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-04-30
How to Cite
Winarsih, Y., Akhdinirwanto, R. W., & Ngazizah, N. (2014). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort pada Kelas VIII B MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo Poncowarno. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 4(1), 69-72. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/460
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>