Pengembangan Penilaian Autentik Guna Mengukur Pengetahuan dan Kreativitas dalam Pembelajaran Fisika pada Peserta Didik SMA Negeri 6 Purworejo

  • Indah Nurcahyani Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Sriyono Sriyono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Penilaian Autentik, Domain Kreativitas Domain Pengetahuan

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk penilaian guna mengukur domain kreativitas dan pengetahuan dalam pembelajaran fisika pada peserta didik SMA kelas X mengenai pokok bahasan Suhu dan Kalor. Sebagai subyek penelitian adalah peserta didik kelas X-2 SMA Negeri 6 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 28 peserta didik. Pengembangan penilaian autentik ini menggunakan model penelitian R&D (Research and Development), dengan tahapan menentukan potensi dan masalah, mangumpulkan data dan informasi, mendesain produk, memvalidasi desain produk, merevisi desain produk, menguji coba terbatas produk dan merevisi produk setelah uji coba terbatas. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan instrumen penilaian autentik berupa penilaian proyek dan tes pilihan ganda. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, metode angket, dan metode wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji validitas dan reliabilitas. Tingkat ketercapaian penilaian proyek ditunjukkan melalui persentase yang diperoleh peserta didik untuk masing-masing aspek, sedangkan untuk tes pilihan ganda melalui tercapainya batas ketuntasan minimal peserta didik dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian yang diperoleh penilaian proyek dalam mengukur kreativitas peserta didik yaitu sebesar 80% dengan nilai 3,21, sedangkan untuk lembar soal tes dalam mengukur pengetahuan peserta didik memiliki tingkat ketercapaian dengan rerata skor nilai sebesar 82,4 dimana nilai tersebut telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh SMA Negeri 6 Purworejo. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa penilaian autentik yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik serta dapat mengukur kreativitas dan pengetahuan peserta didik dalam pembelajaran fisika SMA.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-09-30
How to Cite
Nurcahyani, I., Kurniawan, E. S., & Sriyono, S. (2013). Pengembangan Penilaian Autentik Guna Mengukur Pengetahuan dan Kreativitas dalam Pembelajaran Fisika pada Peserta Didik SMA Negeri 6 Purworejo. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 37-41. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/509
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>