Pengaruh Kemampuan Dosen dalam Menerapkan Pembelajaran Inovatif dan Penguasaan Media Audio Visual Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo

  • Cahyo Apri Setiaji Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Pembelajaran Inovatif, Media Audio Visual, Indeks Prestasi Kumulatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan dosen dalam menerapkan pembelajaran inovatif dan penguasaan media audio visual baik secara parsial maupun simultan terhadap indeks prestasi kumulatif. Populasi penelitian sebanyak 81 mahasiswa sedangkan jumlah sampel 65 mahasiswa yang ditentukan dengan teknik probability sampling-simple random sampling dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan dosen dalam menerapkan pembelajaran inovatif berada dalam kategori tinggi, penguasaan media audio visual berada dalam kategori tinggi, dan indeks prestasi kumulatif juga berada dalam kategori tinggi. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan dosen dalam menerapkan pembelajaran inovatif terhadap indeks prestasi kumulatif (p=0,000). Penguasaan media audio visual memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap indeks prestasi kumulatif (p=0,000). Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa kemampuan dosen dalam menerapkan pembelajaran inovatif dan penguasaan media audio visual secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks prestasi kumulatif (p=0,000)

Published
2018-05-31
How to Cite
Setiaji, C. A. (2018). Pengaruh Kemampuan Dosen dalam Menerapkan Pembelajaran Inovatif dan Penguasaan Media Audio Visual Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo. Surya Edunomics, 2(1), 45-51. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/1060
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)