Analisis Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Keberhasilan Berwirausaha

  • Lukman Fadhiliya Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Keberhasilan Berwirausaha, Analisis Faktor, Kaiser-Meyer Olkin (KMO), Principal Component Analysis, Varimax Method

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto yang bersifat penelitian korelasi (correlational research). Teknik analisis data dilakukan dengan Analisis Faktor meliputi: 1) Korelasi Indikator: Kaiser-Meyer Olkin (KMO), 2) Ekstraksi Faktor: Principal Components Analysis, dan 3) Rotasi Faktor: Varimax Method.

Populasi penelitian ini adalah alumni SMK di Kabupaten Purworejo yang dikategorikan telah menjadi wirausaha yang berhasil. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 60 alumni dari jumlah populasi yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan: beberapa faktor dari karakteristik wirausaha yang paling dominan mempengaruhi keberhasilan berwirausaha pada alumni SMK di Kabupaten Purworejo.

Hasil penelitian ini berdasarkan Analisis Faktor model ekstraksi faktor Principal Component Analysis dan rotasi faktor Varimax Method, maka dapat disimpulkan bahwa beberapa faktor dari karakteristik wirausaha yang paling dominan mempengaruhi keberhasilan berwirausaha pada alumni SMK di Kabupaten Purworejo adalah: (1) memiliki visi dan tujuan yang jelas, (2) percaya diri (self confidence), dan (3) mempunyai jiwa pemimpin.

How to Cite
Fadhiliya, L. (1). Analisis Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Keberhasilan Berwirausaha . Surya Edunomics, 1(1), 49-63. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/1097
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)