Pelatihan Guru Sekolah Dasar: Merangkai Pembelajaran yang Mencerahkan dan Bermakna

  • Herlina Setyowati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Heru Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Aris Aryanto Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Suyoto Suyoto Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Rochimansyah Rochimansyah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia

Abstract

Pembelajaran di sekolah dasar menghadapi tantangan besar dalam mengemas materi agar lebih menarik dan relevan dengan karakteristik generasi alpha yang akrab dengan teknologi digital. Guru dituntut untuk mampu merancang pembelajaran yang mencerahkan, sehingga siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman, tetapi juga termotivasi untuk belajar secara aktif dan kreatif. Berdasarkan kebutuhan tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru SD Muhammadiyah 1 Purworejo dalam membuat desain pembelajaran dan media pembelajaran yang inovatif serta sesuai dengan perkembangan zaman. Pelaksanaan kegiatan dilakukan selama satu hari melalui pendekatan partisipatif berupa kuliah klasikal, diskusi, simulasi, dan penguatan materi. Mitra kegiatan adalah guru-guru SD Muhammadiyah 1 Purworejo yang berperan aktif sebagai peserta pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam merancang pembelajaran kreatif, termasuk pemanfaatan teknologi, media interaktif, serta integrasi kearifan lokal dalam proses belajar mengajar. Guru juga menunjukkan antusiasme tinggi dalam diskusi dan praktik, serta mampu mengidentifikasi solusi atas permasalahan pembelajaran yang mereka hadapi. Dengan demikian, pelatihan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru sekolah dasar. Program pengabdian memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan profesionalisme guru dan berdampak pada terciptanya suasana belajar yang lebih mencerahkan, interaktif, dan menyenangkan bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-11-28
How to Cite
Setyowati, H., Kurniawan, H., Aryanto, A., Suyoto, S., & Rochimansyah, R. (2025). Pelatihan Guru Sekolah Dasar: Merangkai Pembelajaran yang Mencerahkan dan Bermakna. Jurnal Gerakan Mengabdi Untuk Negeri, 3(3), 45-51. https://doi.org/10.37729/gemari.v3i3.7193
Section
Articles