PENGARUH BERAT ROLLER CVT DAN PEGAS PULLEY RACING PADA MOTOR YAMAHA MIO J/GT 2014
Abstract
Tujuan dari penelitian ini membandingkan suatu nilai gaya sentrifugal, kecepatan maksimum, dan percepatan maksimum kendaraan yang dihasilkan oleh per CVT dan roller CVT. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan mengubah roller 9,5 gram menjadi 8 gram, dan mengubah per CVT standard menjadi CVT racing 1500 Rpm. Sehingga mendapatkan nilai perbandingan CVT standard dengan CVT yang telah dimodifikasi. Pengujian mengunakan alat dynotes untuk mendapatkan nilai daya, dan torsi yang dihasilkan kendaraan. Dari data yang diperoleh sebelum di modifikasi memiliki nilai power 8,3 HP pada putaran mesin 5415 Rpm dan torque sebesar 14,81 Nm pada putaran mesin 3486 Rpm, setelah dimodifikasi mendapatkan nilai power 8,4 HP pada putaran 4498 Rpm dan torque sebesar 15,08 Nm pada putaran 3665 Rpm. Dari data tersebut dapat disimpulkan, setelah dimodifikasi nilai power dan torque mengalami perubahan pada kecepatan kendaraan.
References
Fani, Hengki Fanto, and Erzeddin Alwi. 2019. “Pengujian Penggunaan Berat Roller Dan Pegas Pulley Sekundery Non Standart Pada Countinuously Variable Transmission (Cvt) Terhadap Daya Dan Torsi Sepeda Motor Honda Beat Pgm-Fi.” Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development 1(4): 766–74. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/126.
Ilmy, Irvan, and I Nyoman Sutantra. 2018. “Pengaruh Variasi Konstanta Pegas Dan Massa Roller CVT Terhadap Performa Honda Vario 150 Cc.” Jurnal Teknik ITS 7(1). http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/29829.
Nofendri, Yos, and Evan Christian. 2020. “Pengaruh Berat Roller Terhadap Performa Mesin Yamaha Mio Soul 110 Cc Yang Menggunakan Jenis Transmisi Otomatis ( CVT ) Perkembangan Sepeda Motor Dalam Dunia Otomotif Semakin Pesat Dan Didukung Oleh Motor Dengan Transmisi Otomatis CVT ( Continuously Varibl. ”5(1): 58–65. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jktm/article/view/3991.
Otomotif, Jurusan Teknik et al. 2021. “PENGARUH VARIASI WEIGHT ROLLER CVT TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN TORSI MESIN HONDA K18 DI JALAN PEGUNUNGAN Reinaldi Teguh Setyawan Torsi Kendaraan Menurut Putra ( Sumber Buku Pedoman Reparasi Sepeda Motor.” 7(1): 19–25. https://jurnal.mesin.itm.ac.id/index.php/jm/article/view/167.
Pegas, Konstanta, and D A N Sudut. 2016. “ANALISA DAN STUDI EKSPERIMEN PENGARUH VARIASI MASSA ROLLER , CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION ( CVT ) PADA YAMAHA MIO SPORTY 110cc ON EFFECT OF VARIATION OF MASS ROLLER , CONSTANTS SPRING AND ANGLE DRIVE PULLEY CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION ( CVT ).”
Penggunaan, Pengaruh et al. 2020. “Pengaruh Penggunaan Variasi Roller Dan Pegas Cvt Racing Terhadap Performa Motor Matic 110Cc the Influence of Use of Roller Variations and Cvt Racing Sheets on the 110Cc Matic Motor Performance.” http://repository.unmuhjember.ac.id/3734/10/ARTIKEL.pdf.
Purwantoro, PrWaskito. 2016. “PENGUJIAN VARIASI BOBOT ROLLER WEIGHT PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO.” 4(4). https://core.ac.uk/download/pdf/185260693.pdf.
Setiawan, Barzan. 2017. “Pengaruh Penggunaan Pegas Sliding Sheave Racing Terhadap Daya Dan Torsi Pada Sepeda Motor.” Automotive Engineering Education Journal 2(2). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/poto/article/view/3516.