Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kelistrikan Otomotif Dengan Menggunakan Metode Project Based Learning di SMK Negeri 1 Kalibawang Wonosobo
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui adanya dugaan peningkatan prestasi belajar perawatan kelistrikan otomotif siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kalibawang Wonosobosetelah diterapkan metode peer teching, 2) Mengetahui adanya dugaan peningkatan aktifitas belajar mata diklat perawatan kelistrikan otomotif kelas XI SMK Negeri 1 Kalibawang Wonosobosetelah diterapkan metode belajar peer teching. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, pada proses pembelajarannya menerapkan metode belajar peer teaching. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI OA SMK Negeri 1 Kalibawang Wonosobodengan jumlah 27 siswa pada mata diklat perawatan kelistrikan otomotif. Tahapan pelaksanaan penelitian ini menerapkan 2 siklus, planning siklus I berdasarkan studi pendahuluan, acting dikelas dengan memilih tutor (peer) dari siswa yang paling menonjol dikelas, observing aktivitas belajar dan prestasi selama penerapan peer teaching. Planning siklus II disusun berdasarkan refleksi siklus I, acting dikelas dengan memilih tutor yang berprestasi baik pada siklus I. observing aktivitas belajar dan prestasi selama penerapan peer teaching siklus II kemudian merefleksikan hasil penelitian. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, paparan data dan penyimpulan hasil. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas positif pada proses belajar dan mengajar sebesar 26,07%, penurunan aktivitas belajar negatif pada proses belajar dan mengajar adalah 6,87%. Peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 27,30% dan Peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus II adalah 95,09%. Rata-rata peningkatan prestasi belajar pada siklus I dan siklus II adalah 61,20%.