Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Chassis Pemindah Tenaga Dengan Penggunaan Macromedia Flash Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Madinatul Ulum Baureno Bojonegoro

  • Ali Mahmudi Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Macromedia flash, Chasis, Pemindah tenaga, Hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Program Keahlian TKR SMK Madinatul Ulum pada Mata pelajaran Chassis Pemindah Tenaga melalui penggunaan macromedia flash. Hipotesis penelitian tindakan ini adalah melalui penggunaan pembelajaran macromedia flash pada mata pelajaran chassis pemindah tenaga akan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Madinatul Ulum Baureno Bojonegoro. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 1 di SMK Madinatul Ulum Baureno Bojonegoro yang berjumlah 42 siswa. Penelitian menggunakan 2 siklus.Aspek yang diteliti adalah hasil belajar siswa berupa evaluasi teori dan praktik sebagai indikator keberhasilan peningkatan prestasi belajar.Teknik analisi data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil kegiatan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan melalui penggunaan macromedia flash pada mata diklat chassis pemindah tenaga, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu melalui penggunaan macomedia flash terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran chassis pemindah tenaga di kelas XI TKR I SMK Madinatul Ulum Baureno Bojonegoro. Ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dari 6,98 pada siklus I dengan kategori kurang baik menjadi 7,78 pada siklus II dengan kategori tinggi. Hal ini berarti ketercapaian kompetensi kelas dari 42 siswa meningkat dari 68,75% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II dan sudah diatas indikator keberhasilan penelitian yaitu dengan pencapaian kompetensi kelas mencapai 70%.Dari hasil prestasi belajar tersebut diperkuat dengan hasil angket tanggapan siswa yang positif/setuju dengan pembelajaran melalui penggunaan macromedia flash yang mencapai 91,90% sudah diatas indikator yang ditentukan yaitu sebesar 70%

Published
2019-01-31
How to Cite
Mahmudi, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Chassis Pemindah Tenaga Dengan Penggunaan Macromedia Flash Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Madinatul Ulum Baureno Bojonegoro. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 14(1), 8-15. https://doi.org/10.37729/autotech.v14i1.499
Section
Articles