Media Pembelajaran Berbasis Google Classroom
Abstract
Pendidikan tinggi dalam gerakan Literasi baru harus menguasai literasi data, literasi teknologi, literasi bahasa dan literasi manusia di era Revolusi Industri 4.0. Oleh sebab itu, diperlukan media pembelajaran bentuk sebagai penerapan teknologi digital untuk meningkatkan perkembangan teknologi pembelajaran sesuai perkembangan revolusi industri 4.0. Selain itu, dunia pendidikan yang menggunakan kertas dalam media pembelajaran, perangkat pembelajaran, administrasi pendidikan, dan instrumen evaluasi sebaiknya sudah mulai beralih pada sistem nirkertas dalam penyelenggaraan pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran berbasis google classroom menjadi alternatif solusi permasalahan penggunaan kertas dan tuntutan revolusi industri 4.0 di dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berbasis google classroom pada mata kuliah teknik tenaga listrik. Penelitian ini dikembangkan dengan metode waterfall. Sistem dikembangkan melalui tahapan analisis kebutuhan, desain ujian, implementasi, uji coba, dan perawatan. Hasil pembuatan media pembelajaran dengan google classroom secara keseluruhan dapat digunakan dengan baik, pada bagian menu, sub menu, tampilan soal, dan pemberian sekor berfungsi dengan baik. Hal ini berarti bahwa media media pembelajaran google classroom ini dapat dipakai dalam pembelajaran di mata kuliah teori lainnya.