Pengembangan Alat Peraga Oven Cat Portable Rangka & Body Sepeda Motor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Kesatrian Purwokerto
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk membuat peraga oven cat portable untuk rangka dan body sepeda motor yang layak sebagai media pembelajaran, (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan peraga oven cat portable untuk rangka dan body sepeda motor dan yang tidak menggunakan peraga oven cat portable untuk rangka dan body sepeda motor, (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar antara siswa yang menggunakan peraga oven cat portable untuk rangka dan body sepeda motor dan yang tidak menggunakan peraga oven cat portable untuk rangka dan body sepeda motor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development (R n D )). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar penilaian media (angket). Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.Urutan kegiatan penelitian ini meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, ujicoba desain, ujicoba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Proses pembuatan media pembelajaran perbaikan kerusakan pada rangka dan body sepeda motorĀ khususya pengeringan setelah di lakukan pengecatan ulang pada rangka dan body tersebut berupa oven cat portable dan berdasarkan analisis masalah dan disesuaikan dengan kebutuhan sehingga diharapkan membentuk suatu media yang siap pakai. Tahap pengembangan media pembelajaran perbaikan kerusakan rangka dan body pada siswa kelas XII TBSM SMK Kesatrian Purwokerto telah meliputi identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, ujicoba produk, pengujian produk, ujicoba pemakaian dan revisi produk. (2) Hasil validasi produk oleh ahli media dan ahli materi, uji coba pemakaian produk menunjukkan produk layak digunakan sebagai media pembelajaran. (3) Hasil uji pembeda hasil belajar siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan penilaian hasil ujicoba pemakaian produk yang dilakukan oleh industri terkait menunjukkan peningkatan belajar siswa yang menggunakan peraga oven cat portable rangka dan body sepeda motor meningkat.