Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan Kelas XI Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Menggunakan Media DVD (Digital Versatile Disc) di SMK YPE Cilacap

  • Muhtar Asnan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Media DVD, Kelistrikan otomotif

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan sebagai untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran dengan metode media DVD (Digital Versatile Disc) pada Mata Pelajaran Mata Pelajaran Kelistrikan otomotif Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK YPE Cilacap. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan (research and Development). Metode ini diberikan setelah peneliti melakukan pembelajaran pada dua kelas dengan soal yang sama. Tes ini dilakukan siswa dengan
mengerjakan lembar evaluasi pada mata pelajaran Pelajaran Kelistrikan otomotif Bentuk tes pilihan ganda berjumlah 20 soal dengan pilihan A, B, C, D, dan E. Kemudian hasil tes tersebut digunakan untuk menguji kebenaran hipotesis. Hasil belajar pada Kompetensi Pelajaran Kelistrikan otomotif Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK YPE Cilacap yang menggunakan model pembelajaran media DVD (Digital Versatile Disc) dengan rata-rata nilai 78,85 pada kelas ekperimen deangan ketuntasan klasikan adalah 84,62 % . Pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan rata-rata nilai rata rata 72,24 dengan ketuntasan klasikal 69,24. Pengujian hipotesis menunjukkan efektivitas pembelajaran media DVD (Digital Versatile Disc) lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional pada Kompetensi Mata Pelajaran Kelistrikan otomotif Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK YPE Cilacap.

Published
2019-06-28
How to Cite
Asnan, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan Kelas XI Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Menggunakan Media DVD (Digital Versatile Disc) di SMK YPE Cilacap. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 14(2), 123-125. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/autotech/article/view/547
Section
Articles