Team Assisted Individualization Berbantuan Flash Player Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kompetensi Perbaikan Transmisi Manual

  • Sehat Kandiawan SMK Negeri 6 Purworejo
Keywords: Team Assisted individualization, flash flayer, motivasi, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui pelaksanaan team assisted individualization berbantuan flash player untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kompetensi perbaikan transmisi manual siswa kelas XII TKR.2 SMK Negeri 6 Purworejo Semester 5 Tahun Pelajaran 2018-2019. 2) Mengetahui dan meningkatkan motivasi belajar kompetensi perbaikan transmisi manual siswa kelas XII TKR.2. 3) Mengetahui dan meningkatkan hasil belajar kompetensi perbaikan transmisi manual siswa kelas XII TKR.2. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian 30 siswa kelas XII TKR 2 SMK Negeri 6 Purworejo. Implementasi menggunakan descriptive statistics. Hasil penelitian : 1) Pelaksanaan team assisted individualization berbantuan flash player dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kompetensi perbaikan transmisi manual. 2) Terdapat peningkatan motivasi belajar siswa kelas XII TKR 2 sebesar 20% dari 56,67% saat pra siklus menjadi 76,67% pada siklus 2. 3) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas XII TKR 2 sebesar 30% dari 46,67% menjadi 76,67% pada siklus 2 atau dari 14 siswa menjadi 23 siswa yang mendapat nilai di atas KKM

Published
2021-01-29
How to Cite
Kandiawan, S. (2021). Team Assisted Individualization Berbantuan Flash Player Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kompetensi Perbaikan Transmisi Manual . Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 16(1), 50-56. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/autotech/article/view/922
Section
Articles