Klinik Jurnal: Pelatihan Kepenulisan Jurnal Hukum untuk Mahasiswa Hukum Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai Upaya Peningkatan Luaran Publikasi

  • Galih Bagas Soesilo Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Sapardiyono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ponco Nugroho Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Struktur Jurnal, Publikasi Mahasiswa Hukum, Referensi

Abstract

Menulis sebuah artikel ilmiah bertemakan hukum dalam bentuk jurnal memang tidaklah mudah, terlebih kepenulisan yang dilandasi dari sebuah hasil penelitian. Mahasiswa terkhususkan mahasiswa hukum harus memahami dahulu berkaitan dengan metode penelitian hukum. Tidaklah jarang untuk ditemui bahwa mahasiswa didalam menulis jurnal hukum masih terkendala berkaitan dengan bagaimana langkah awal didalam menentukan topik penelitian. Masih kurangnya keahlian didalam merumuskan penulisan penelitian hukum, serta harus didukung dengan sumber referensi yang kredibel dan piranti didalam penyusunan referensi seperti menggunakan Mendelay App didalam penyusunan artikel ilmiah. Stuktur penulisan jurnal yang harus mengikuti tamplate/format dan mekanisme untuk mengsubmite juga terkadang menjadi kendala tersendiri untuk mahasiswa. Oleh karena itu kami, melihat adanya permasalahan tersebut tergerak melakukan pelatihan kepenulisan artikel ilmiah bertemakan hukum pada jurnal dengan target sasaran pelatihan mahasiswa Program Studi Hukum Universitas Muhammadiyah Purworejo, dengan program yang kami beri nama dengan istilah Klinik Jurnal. Harapannya setelah mengikuti pelatihan ini, dapat mengstimulus untuk melakukan publikasi artikel pada jurnal. Kegiatan ini terlaksana sebanyak 2 kali secara daring yang membahas terkait kiat dalam menulis jurnal hukum dan tips mencari sumber referensi yang baik serta 1 kali untuk pembuatan modul yang berisikan cara mengsubmite artikel jurnal hukum ke website Eksaminasi: Jurnal Hukum.

References

Kats, M. J. (2006). From research to manuscript: A guide to scientific writing. Springer.
Lichtfouse, E. (2013). Scientific writing for impact factor journals. Nova Science Publishers, Inc.
Mukhaiyar, Hermawati Syarif, Refnaldi, M. A. A. (2019). Kebutuhan Mahasiswa Akan Materi Ajar Menulis Artikel Dalam Bahasa Inggris Berbasis Kriteria Jurnal- Jurnal Bereputasi. Lingua Didaktika, 13(02), 123–137. https://doi.org/10.24036/ld.v13i2.38185
Olson, L. (2014). Guide to academic and scientific publication: How to get your writing published in in scholarly journals. Academia.
Rahmiati. (2014). Analisis Kendala Internal Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 3(2), 254–269. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_daulah/article/view/1513
Salam, R., Akhyar, M., Tayeb, A. M., & Niswaty, R. (2017). Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Mahasiswa dalam Menunjang Daya Saing Perguruan Tinggi. Jurnal Office, 3(1), 61–66.
Sari, W. P., Ernita, M., Yasthophi, A., Training, T., Sari, W. P., & Ernita, M. (2023). Pelatihan Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Community Service Journal Of Economic Education, 2(1), 31–36.
Wibisana, A. G. (2019). Menulis di Jurnal Hukum : Gagasan, Struktural, Dan Gaya. Jurnal Hukum & Pembangunan, 49(2), 471–496.
Yulianah Prihatin, Arisni Kholifatu Amalia, R. P. R. (2021). Upaya Peningkatan Publikasi Mahasiswa Di Jurnal Melalui Pelatihan. Seminar Nasional SAINSTEKNOPAK Ke-5 LPPM UNHASY TEBUIRENG JOMBANG 202, 152, 1–6.
Published
2023-08-25
Section
Articles