Peningkatan Kreatifitas Ibu-Ibu PKK Desa Bener Melalui Pelatihan Produk Ecoprint Teknik Pounding

  • Wanodya Kusumastuti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Kuni Saffana Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Agam Ramadi Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Dwi Eri Yuni Hatuti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Pelatihan, Produk Ecoprint, Teknik Pounding, Produk Berkualitas, Perekonomian Masyarakat

Abstract

Peningkatan kreativitas masyarakat desa dapat dilakukan dengan beragam cara, salah satunya yaitu mengeksplorasi sumber daya alam desa menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis. Profil Desa Bener, Kec. Bener, Kab. Purworejo yang memiliki potensi alam tanaman atau tumbuhan yang dapat dimanfaatkan menjadi barang atau produk. Masyarakat desa belum banyak mendayagunakan tanaman atau tumbuhan untuk dimanfaatkan dengan optimal. Hal ini karena terbatasnya pengetahuan yang dimiliki masyarakat terkait teknik pengolahan tanaman atau tumbuhan bernilai ekonomis sehingga dapat meningkatkan sumber perekonomian masyarakat desa. Oleh karena itu, perlu adanya program pelatihan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat untuk dapat mengolah sumber daya alam yang ada di desa. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat desa mengenai pengolahan produk ecoprint dengan teknik pounding dan menggunakan bahan dasar tanaman yang banyak tumbuh di desa. Pelatihan ini diawali dengan memberikan informasi terkait produk ecoprint, proses pembuatan dan pemasarannya. Selanjutnya, memberikan pelatihan pembuatan produk ecoprint berupa kain batik dengan menggunakan beberapa jenis tanaman seperti tanaman jarak, kelor, jati. Program pelatihan diberikan kepada ibu-ibu PKK dengan harapan PKK sebagai wadah pemberdayaan perempuan memiliki program kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas anggotanya sehingga dapat menambah sumber pendapatan keluarga. Peserta pelatihan mempraktekkan cara membuat produk tersebut dan mengoptimalkan media sosial (whatsapp, IG dan facebook) untuk memasarkan produknya. Pelatihan ini menambah pengetahuan dan ketrampilan masyarakat, khususnya kelompok PKK untuk mengembangkan produk ecoprint dengan beragam model sehingga dapat menarik minat konsumen. Peserta pelatihan di motivasi untuk meningkatkan kreativitasnya dalam membuat produk atau barang yang menarik untuk dipasarkan.

References

Hapsari, R. U., Maulidiyah, N. M., & ... (2023). Pelatihan Ecoprint Sebagai Peluang Usaha Warga Desa Tegalsari, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo. BERNAS: Jurnal …, 4(2), 1014–1021.
Irmayanti, Suryani, H., & Megavitry, R. (2020). Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pembuatan Ecoprint Pada Peserta Kursus Menjahit Yayasan Pendidikan Adhiputeri Kota Makassar. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 43–50.
Nurhayati, L., Rafael, I., Novianti, N., & Jeremy, J. (2022). Pelatihan Ecoprint pada Media Kain Mendorong Ekonomi Kreatif di Lingkungan Paroki Sakramen Maha Kudus Surabaya. Jurnal Adimas, 6(1), 43–52.
Purwanti, R., Prahesti, S. I., Pandansari, P., Fauzi, I., Waluyo, U. N., Artikel, I., Daya, S., Timur, K. U., & Beji, K. (2023). Pemanfaatan teknik ecopounding sebagai peluang wirausaha di pkk kelurahan beji kecamatan ungaran timur. 1, 154–160.
Putra, D., Irawati, A., & Swissia, P. (2022). Pkm Pelatihan Pembuatan Ecoprint Untuk Ibu-Ibu Pkk Berdampak Covid-19 Di Komplek Bcl Hajimena Lampung Selatan. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 11–20. https://doi.org/10.30605/atjpm.v4i1.1917
Silvi Puspa Widya Lubis, Sri Fitri, Putri Dini Meutia, R. M., & Meri Yulizar, Jalilah Azizah Lubis, Zamzami, A. U. (2023). PELATIHAN ECO-PRINT TEKNIK POUNDING PADA. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6, No. 11. https://doi.org/DOI : 10.31604/jpm.v6i11.4191-4197
Published
2024-01-18
Section
Articles