Sosialisasi Parenting dan Pola Asuh yang Tepat di Raudhatul Athfal Nurusy Syamsi Berbasis Inklusi Desa Tanggung Turen Kabupaten Malang

  • Sheila Kusuma Wardani Amnesti Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Alifiah Nisrina Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Arina Kameila F. U Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • M. Rizky Paputungan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Nabilah Almalikah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Rienke Anastasya W Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Vinka Rosalia Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Keywords: Pola Asuh, Sosialisasi Parenting, Pendidikan Inklusif

Abstract

Pola asuh anak menjadi perhatian utama di berbagai kalangan, dan penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran sosialisasi parenting dan lingkungan lembaga pendidikan berbasis inklusi dalam mengubah pola asuh orang tua di Raudhatul Athfal Nurusy Syamsi, Desa Tanggung, Turen, Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif-analitis. Sosialisasi parenting efektif dalam memberikan pengetahuan dan memahami pentingnya keberagaman dalam pengasuhan. Lingkungan pendidikan inklusif menciptakan suasana yang mendukung keberagaman dan pemahaman terhadap kebutuhan anak-anak dari latar belakang yang beragam. Hasil penelitian menunjukkan perubahan pola asuh yang lebih demokratis dan inklusif, dengan dampak positif pada pengembangan fisik, mental, dan emosional anak-anak. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman orang tua tentang keberagaman anak-anak mereka dan menciptakan lingkungan inklusif yang mendukung.

References

Afwadzi, B., Susanto, M. H., Kurniawan, M. A. I. D., Ulatifa, F. M., Hasanah, A., & Darissalamah, N. (2023). Sosialisasi Pola Asuh Anak yang Tepat dan Hak Kebebasannya di Taman Pendidikan Al-Qur’an Sabilil Huda Desa Purworejo Ngantang Kabupaten Malang. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 30–40. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.264
Candra, S. (2018). Pelaksanaan Parenting Bagi Orang Tua Sibuk Dan Pengaruhnya Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 267. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3475
Fauzi, R., & Nurislamiah. (2023). Pola Asuh Orang Tua dalam Kajian Komunikasi : Implikasi Terhadap Hubungan Keluarga. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 5(01), 64–87.
Gussevi, S., Maulani, M., & Muhfi, N. A. (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Pola Asuh Anak Wanita Karir di Perum Citra Permata Sakinah Purwakarta. Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 19–27. https://doi.org/10.52593/svs.02.1.03
Madyawati, L., & Zubaidi, H. (2020). Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Inklusi. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 1–13.
Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak pada Usia Dini. At-Ta’dib : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 192–209.
Shofa, M. F. (2018). Implementasi Manajemen Pendidikan Inklusi di PAUD Inklusi Saymara Kartasura. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 3(2), 107–123. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v3i2.1337
Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Bumi Aksara.
Ulfa, M., & Ichsan. (2019). Urgensi Parental Involvement dalam Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Inklusi Anak Negeri Yogyakarta. Proceedings of The 4 Th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 4, 215–226.
Published
2024-01-18
Section
Articles