Workshop: Pendampingan Menuju Rintisan Desa Wisata

  • Cahyo Apri Setiaji Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Desa Wisata, UMKM, Rintisan

Abstract

Desa Tunjungan merupakan salah satu wilayah pesisir pantai selatan Jawa yang memiliki potensi wisata. Kementrian Pariwisata telah memberikan dukungan penuh dalam pengembangan potensi melalui rintisan desa wisata. Potensi wisata dapat memberikan harapan kesejahteraan bagi masyarakat pelaku wisata. Selain bertani, warga masyarakat memiliki usaha produktif lain yaitu budidaya tanaman hias. Mereka tergabung dalam UMKM bernama Kelompok Sadar Wisata. Permasalahan yang mereka hadapi saat ini ialah pemahaman tentang urgensi desa wisata, bagaimana pemenuhan modal usaha, dan promosi dan investasi. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang urgensi desa wisata, cara pemenuhan modal usaha, serta teknik promosi dan investasi. Metode pelaksanaan kegiatan workshop dilakukan dengan metode ceramah, pelatihan, dan pendampingan secara mandiri. Pendampingan mandiri maupun kelompok dilakukan pasca kegiatan melalui grup WhatsApp serta pertemuan rutin. Hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya potensi desa wisata bagi perkembangan kesejahteraan. Masyarakat memahami teknik dan tata cara pemenuhan modal usaha baik yang berasal dari swasta maupun pemerintah. Hasil lainnya ialah masyarakat dapat melakukan promosi melalui media online serta melakukan perhitungan investasi.

References

Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64–72. https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719
Egim, A. S., Atsarina, A., Fermayani, R., & Harahap, R. R. (2021). Model Pengembangan Usaha Rendang Melalui Inovasi Produk & Akses Permodalan Pada Masa Pandemi Covid -19 Di Kota Padang. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 48–62. https://doi.org/10.46576/bn.v4i1.1320
Frasawi, E. S., & Citra, I. P. A. (2018). Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata Ambengan Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 6(3), 175–185. https://doi.org/10.36085/jmpkp.v3i1.1408
Ikhsani, A. A., & Saputra, D. I. S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Pada Bisnis Pempek Lestari. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 17–26. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v5i1.3382
Kualaria, S., Wijayantini, B., & Hanafi, I. (2022). Peran Masyarakat Lokal Dalam Pengembangan Potensi Desa Wisata. National Multidisciplinary Sciences, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.32528/nms.v1i1.5
Munthe, A., M. Yarham, & Ridwana Siregar. (2023). Peranan Usaha Mikro Kecil Menengah Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 593–614. https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i3.321
Olivia, D., Atmojo, W. T., & Guna, A. (2022). Analisis Potensi Desa Wisata Sebagai Upaya Peningkatan Aksesibilitas Dan Konektivitas Di Desa Wisata Cikolelet. IKRAITH-Teknologi, 6(3), 28–37. https://doi.org/10.37817/ikraith-teknologi.v6i3.2304
Saraswati, N. P. A. S., & Atika, D. R. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Penjualan pada Stripesme Thrift Shop Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1009–1013.
Suranny, L. E. (2020). Pengembangan Potensi Desa Wisata Dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Perdesaan Di Kabupaten Wonogiri. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 5(1), 49–62. https://doi.org/10.32630/sukowati.v5i1.212
Published
2024-01-17
Section
Articles