Pencegahan Perilaku Bullying dengan Peningkatan Pengetahuan Melalui Sosialisasi Anti Bullying di MI Muhammadiyah Krendetan
Abstract
Bullying adalah suatu tindakan perilaku yang dilakukan dengan cara menyakiti dalam bentuk fisik, verbal atau emosional psikologis. Perilaku bullying biasanya terjadi di semua tingkat usia, baik di tingkat sekolah dasar, menengah hingga pendidikan tinggi. Berdasarkan observasi dan pengamatan yang dilakukan di MI Muhammadiyah Krendetan masih terdapat bentuk-bentuk pembullyan yang dilakukan oleh siswa, baik pada kelas-kelas rendah maupun tinggi. Terdapat beberapa faktor penyebab terjadinya bullying yaitu faktor eksternal dan internal. Selain itu, anak yang melakukan tindakan bullying tidak selalu memahami bahwa perilaku mereka merupakan bentuk bullying pada orang lain, banyak kasus anak-anak yang menjadi pelaku bullying tidak memahami arti dari perilaku bullying tersebut. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai bullying. Sosialisasi anti bullying diharapkan mampu menambah pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai apa itu tindakan bullying, bentuk-bentuk perilaku bullying, dan dampaknya bagi korban maupun pelaku. Selain itu dengan adanya sosialisasi anti bullying diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan kepedulian siswa terhadap segala bentuk tindakan bullying yang terjadi di lingkungan sekolah. Hasil dari kegiatan sosialisasi anti bullying menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai bullying, hal tersebut nampak dari beberapa peserta yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai bullying.
References
Akbar, M., Sugiyanto, R., Darmaramadhan, A., & Wahyuni, M. S. (2023). Pencegahan Perilaku Bullying Pada Anak Dengan Peningkatan Pengetahuan Melalui Sosialisasi Dan Pendampingan Terhadap Anak Kelurahan Bentiring Permai. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1(2), 77–87. https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i2.15
Aranditio, S. (2024). Kasus Perundungan di Sekolah Meningkat Selama 2023. KOMPAS.Com. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/12/31/kasus-perundungan-di-sekolah-semakin-meningkat-pada-2023
Damayanto, A., Prabawati, W., & Jauhari, M. N. (2020). Kasus Bullying pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(2), 104. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p104-107
Katyana, W. (2019). Buku Panduan Melawan Bullying. Nuha Medika.
Ningtyas, P. V., & Sumarsono, R. B. (2023). Upaya Mengurangi Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Sosialisasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 104–108.
Sugma, A. R., & Azhar, P. C. (2020). Sosialisasi Dampak Bullying Terhadap Peserta Didik Mas Al Maksum Stabat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Al Maksum, 1(1), 33–40.
Copyright (c) 2024 Bagelen Community Service
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.