Pemberdayaan Usaha Anggota Koperasi melalui Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Penjualan
Abstract
Koperasi Bakery dan Mie merupakan salah satu koperasi produksi baru yang ada di Kendal. Dengan usianya yang baru, namun semangat para anggota untuk mengembangkan koperasi sangat tinggi. Sayangnya, mereka belum memiliki cukup ilmu tentang digitalisasi, salah satunya digital marketing. Pemasaran sangat dibutuhkan oleh seluruh bidang industri dan saat ini pemasaran lebih mengarah kepada digitalisasi dengan sosial media contohnya. Digital marketing tidak sederhana seperti pemasaran offline yang menyebabkan kesulitan bagi anggota koperasi Kobamie Kendal. Pengabdian ini akan berfokus kepada pemberian materi dan pelatihan terkait digital marketing yang termasuk di dalamnya adalah praktek dalam pengoperasian alogaritma untuk mendapatkan market target yang tepat baik untuk pengembangan usaha para anggota Koperasi Kobamie Kendal. Metode pengabdian yang digunakan adalah sesi diskusi dan workshop dengan evaluasi dan pengamatan mendalam yang akan dilakukan setelah workshop selesai. Tim pengabdi mengarahkan sosial media bagi anggota Koperasi Kobamie dan pembuatan website. Pemberian materi praktek fokus kepada social media specialist dengan alogaritma sosial media. Website dibuat untuk memuat hasil produksi anggota Koperasi sehingga akan menjadi e-commerce bagi anggota Koperasi Kobamie Kendal.
References
Fahmi, K., Sihotang, M., Hadinegoro, R., Sulastri, E., Cahyono, Y., & Megah, S. I. (2022). Health Care SMEs Products Marketing Strategy: How the Role of Digital Marketing Technology through Social Media? UNPRI Journal of Science and Technology, 1(1), 16–22.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2019). The Role of Digital Marketing in Improving Sales to SMEs in Dealing with ASEAN Economic Community. 101(January), 350–355. https://doi.org/10.2991/iconies-18.2019.70
Harto, B., & Komalasari, R. (2020). Optimalisasi Platform Online Internet Marketing Untuk Sme Little Rose Bandung. Empowerment in the Community, 1(1), 1. https://doi.org/10.31543/ecj.v1i1.357
Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659.
Liam, J. (2021). Identifying the effect of Digital Marketing channels on the growth of Faheem Haydar Dealzmag Identifying the effect of Digital Marketing channels on the growth of SME in South Asia : A Case Study on Faheem Haydar Dealzmag. Munich Personal RePEc Archive Identifying, 105156, 1–14.
Omar, F. I., Zan, U. M. S. M., Hassan, N. A., & Ibrahim, I. (2020). Digital Marketing: An Influence towards Business Performance among Entrepreneurs of Small and Medium Enterprises. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 10(9), 126–141. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v10-i9/7709
Peter, M. K., & Vecchia, M. D. (2021). The Digital Marketing Toolkit: A Literature Review for the Identification of Digital Marketing Channels and Platforms. In Studies in Systems, Decision and Control (Vol. 294, Issue January 2021). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-48332-6_17
Purwanto, A. (2019). How The Role of Digital Marketing and Brand Image on Food Product Purchase Decisions? An Empirical Study on Indonesian SMEs in the Digital Era. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(6), 34–41.
Ritz, W., Wolf, M., & McQuitty, S. (2019). Digital marketing adoption and success for small businesses: The application of the do-it-yourself and technology acceptance models. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(2), 179–203. https://doi.org/10.1108/JRIM-04-2018-0062
Saura, J. R., Palacios-Marqués, D., & Ribeiro-Soriano, D. (2023). Digital Marketing in SMEs via Data-Driven Strategies: Reviewing the Current State of Research. Journal of Small Business Management, 61(3), 1278–1313.
Thaha, A. R., Maulina, E., Muftiadi, R. A., & Alexandri, M. B. (2021). Digital Marketing and SMEs: A Systematic Mapping Study. Library Philosophy and Practice, 2021(April), 1–19.
Wang, F. (2020). Digital marketing capabilities in international firms: a relational perspective. International Marketing Review, 37(3), 559–577. https://doi.org/10.1108/IMR-04-2018-0128
Yusfiarto, R., & Pambekti, G. T. (2019). Do Internet Marketing Factors With Islamic Values Improve Sme Performance? Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 5(4), 807–828. https://doi.org/10.21098/jimf.v5i4.1101
Copyright (c) 2024 Bagelen Community Service
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.