Pendampingan Branding pada Pelaku UMKM Klanting di Desa Jetis, Kec. Loano, Kab. Purworejo sebagai Strategi Pemasaran

  • Istiko Agus Wicaksono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Andika Pangestu Saputra Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Arssy Muhammad Ridwan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Arrizka Raya Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Fanny Riyyan Pradana Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Muhammad Wachidin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ana Witantri Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Fadilla Dewi Brilliantsya Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Haryani Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Sannis Hening Astuti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Hafidz Aridite Dwi Darmanto Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Abdul Karim Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Branding, UMKM Klanting, Strategi Pemasaran

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Klanting di Desa Jetis, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, sebagai strategi pemasaran. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Purworejo melibatkan mahasiswa dalam memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku pengrajin UMKM Klanting. Melalui observasi dan wawancara, teridentifikasi bahwa UMKM klanting di Desa Jetis menghadapi kendala dalam pemasaran, khususnya digitalisasi dan strategi pemasaran. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan branding produk melalui pendampingan dalam pembuatan desain kemasan yang menarik, pendampingan pembuatan akun sosial media, dan pendampingan pada pembuatan marketplace, dengan fokus pada platform Shopee. Metode pelaksanaan melibatkan interaksi langsung dengan pelaku UMKM klanting. Hasilnya mencakup pengembangan desain kemasan yang menarik dan lebih efektif, pembuatan akun sosial media, serta pemasaran melalui marketplace Shopee. Kesimpulannya, strategi pemasaran melalui branding produk, desain kemasan yang menarik, dan selanjutnya diharapkan pasar online dapat membantu UMKM klanting di Desa Jetis bersaing secara efektif dan berkelanjutan.

References

Hidayat, N. (2019). Model Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif Interkonektif Berbasis pada Pengembangan Masyarakat yang Produktif Inovatif dan Kreatif. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 2(2), 219. https://doi.org/10.14421/panangkaran.2018.0202-03
Munthe, A., M. Yarham, & Ridwana Siregar. (2023). Peranan Usaha Mikro Kecil Menengah Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 593–614. https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i3.321
Najib, M. F., Agustunus Februadi, Tjetjep Djarnika, Wahyu Rafdinal, Carolina Magdalena Lasambouw, & Neneng Nuryati. (2022). Inovasi Desain Kemasan (Packaging) sebagai Faktor Peningkatan Daya Saing Produk UMKM di Desa Ciwarua, Kabupaten Bandung Barat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 56–64. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8397
Nikmah, M., & Siswahyudianto, S. (2022). Strategi Diferensiasi untuk Menciptakan Keunggulan Kompetitif pada UMKM Catering Pawon Gusti Desa Surondakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 4(1), 66–82. https://doi.org/10.51353/jmbm.v4i1.627
Oktaviani, F., Sariwaty, Y., Rahmawati, D., Nf, A. G., & N, D. R. (2018). Penguatan produk UMKM “ Calief ” melalui strategi branding komunikasi. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 348–354.
Published
2024-05-18
Section
Articles