Pengembangan Kelompok Wanita Tani (KWT) Sinar Putri Desa Awu Awu Kecamatan Ngombol

  • Isnaeni Maryam Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: KWT Sinar Putri, Branding, Legalitas Usaha, Kemasan

Abstract

Mitra pengabdian msyarakat ini adalah KWT Sinar Putri yang berada di desa Awu awu Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo. Permasalahan yang dihadapi KWT Sinar Putri adalah mereka mampu memproduksi suatu produk namun kesulitan dalam memasarkan produk. Anggota KWT Sinar Putri memasarkan produknya masih secara tradisional, yaitu dengan menitipkan produk mereka ke warung sekitarnya. Mereka juga belum memiliki brand, legalitas usaha, dan minim pengetahuan mengenai kemasan yang tepat untuk produk mereka. Solusi dari permasalahan tersebut adalah pelatihan branding, kemasan, dan pendampingan legalitas usaha. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam 3 tahapan yaitu perencanaan kegiatan, pelatihan, dan eval_uasi. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah anggota KWT Sinar Putri memiliki brand, logo, label  kemasan, NIB, SP-PIRT,  dan sertfikat halal sehingga produk mereka siap untuk dipasarkan secara luas.

References

Sabitah, Lusi Tutur Mulia, Roezaini Soefi, Rila Maufira, and Muridha Hasan, 2023, Penyuluhan UMKM PKK Desa Pasir Penjengakan dalam Pemasaran Produk Melalui Media Sosial. Jurnal PRODIKMAS vol 8 no 1: 9-14.
Sunday Ade Sitorus, 2020, Brand Marketing: The Art Of Branding, Bandung: Media Sains Indonesia.
Yeni Pramita, Keppi Sukesih, Reza Safitri, 2023, Model Strategi Adaptasi Kelompok Wanita Tani (KWT) melalui Digital Marketing sebagai Penanggulangan Pandemi Covid 19, Jurnal Penyuluhan vol 19 no 1:141-58.
Published
2024-08-20
Section
Articles