Sosialisasi Pembuatan Label pada Produk Makanan sebagai Faktor Penentu Pilihan Konsumen
Abstract
label yang jelas dan informatif menjadi alat penting bagi produsen untuk menjelaskan nilai dan keunggulan produk mereka. Dari segi pemasaran, label yang menarik dan edukatif dapat menjadi daya tarik tersendiri. Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, produk yang dilengkapi dengan informasi yang tepat dan menarik cenderung lebih dipilih. Ini menjadi kesempatan bagi produsen untuk menonjolkan keunggulan kompetitif mereka di pasar yang semakin jenuh. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan tentang penting nya label pada suatu produk makanan. Metode pengabdian yaitu mengunakan metode PAR (Participatory Action Research) dengan tahapan tahap to know yaitu mengetahui kondisi riel komunitas, tahap to Understand (Memahami Problem Komunitas), tahap to Plann (Merencanakan Pemecahan Masalah Komunitas), tahap to Act (Melakukan Program Aksi Pemecahan Masalah), tahap to Change (Membangun Kesadaran untuk perubahan dan keberlanjutan). Kegiatan sosialisasi pembuatan label pada produk makanan memberikan banyak manfaat untuk masyarakat khususnya di Desa Redin dengan adanya sosialisasi ini masyarakat mengetahui penting dan manfaatnya suatu label pada produk makanan dan manfaatnya untuk pemasaran. Deangan adanya sosialisasi ini Masyarakat Desa Redin juga dapat membuat nama dan juga label untuk produk makanan mereka. Sehingga pengabdian ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya Desa Redin.
Kata Kunci: Label, Produk, Makanan