Sosialisasi Digital Marketing Produk UMKM Desa Kemanukan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk menggali dampak dan implikasi pengenalan digital marketing bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Desa Kemanukan, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo. Desa Kemanukan memiliki berbagai potensi UMKM yang dapat dikembangkan, namun masih minim dalam memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran produk. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan sosialisasi digital marketing kepada pemilik UMKM dan ibu-ibu PKK di Desa Kemanukan. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi digital marketing pada tanggal 18 Januari 2024 melalui metode ceramah. Tahap eval___uasi dilakukan dengan metode tanya jawab kepada peserta sosialisasi untuk mengukur pemahaman peserta terkait digital marketing. Hasil eval___uasi menunjukkan bahwa peserta menyadari pentingnya memasarkan produk UMKM secara online. Kegiatan sosialisasi digital marketing memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat Desa Kemanukan terkait pemasaran online produk UMKM. Pemahaman ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing UMKM di pasar global dan memperkuat hubungan dengan konsumen lokal.
References
Herman, B., Haslindah, H., Anwar, M. A., Mursalat, A., & Mutmainnah, M. (2023). Pemberdayaan Bumdes Melalui Edukasi Digital Marketing Dalam Menghadapi Persaingan Usaha. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 5333. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17584
Nur, A. V, Purwanto, T., Ramadhani, S. A., & ... (2024). Sosialisasi Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Umkm Di Desa Blimbing Wuluh. Studi Kasus Inovasi …, 08(01), 9–16. https://ejournal.umm.ac.id/index._php/skie/article/view/30313%0Ahttps://ejournal.umm.ac.id/index._php/skie/article/download/30313/14333
Ridwan, M., Agustina, L., Asmawanti-S, D., Fajar, A., Solihat, I., Zarkasyi, M. W., Winarningsih, S., & Sukmadilaga, C. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Desa Pasirkaliki Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 6(3), 70–76. https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i3.5846
Rukmanda, M. R., Heryanto, B., Arisda, D., Hakim, M., & Surabaya, B. (2024). Sosialisasi Dan Pelatihan Digital Marketing Untuk Umkm Babakan Surabaya. Jekis: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 76–80.
Saniyyah, Adviola, T. F., & Swasri, I. K. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Pada UMKM di Kota Blitar Sebagai Sarana Pengembangan Pemasaran Produk. Jurma: Jurnal Riset Manajemen, 1(3), 30–39.
Yusuf, M., Basmar, N. A., Baruch, M. A.-S., Suci, N. A. C. D., & Wulandari, R. (2022). Kegiatan Sosialisasi Digital Marketing Pelaku UMKM Untuk Memberdayakan Ekonomi Masyarakat. Surya Abdimas, 7(1), 34–42. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i1.2208