Peningkatan Kemampuan Literasi dan Menulis Ilmiah Siswa SMA Melalui Kegiatan Pendampingan Karya Tulis Ilmiah Remaja
Abstract
Literasi siswa saat ini sedang gencar dicanangkan di sekolah, tujuannya yaitu untuk meningkatkan semua aspek literasi pada peserta didik. Namun demikian, kemampuan literasi belum diimbangi dengan kemampuan menulis terutama ilmiah. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pendampingan bagi siswa dalam menulis karya ilmiah yang sesuai dengan kaidah penulisan yang baik dan benar. Metode yang digunakan yaitu pelatihan partisipatif dengan fokus utama pada kemampuan siswa dalam menulis. Mitra dalam kegiatan ini yaitu siswa kelas X di SMA Negeri 10 Purworejo yang mengikuti ekstrakurikuler KIR. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan positif pada siswa terkait kemampuan menulis, menyusun gagasan, melaksanakan kegiatan ilmiah, dan menyusun laporan dalam bentuk karya tulis ilmiah. Kegiatan ini berlangsung dengan baik sehingga luaran dari kegiatan maupun tujuan kegiatan pengabdian tercapai dengan baik.
Downloads
Copyright (c) 2023 Sumiati Sumiati, Eko Setyadi Kurniawan, Dian Saputri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.