Peningkatan Kemampuan Literasi dan Menulis Ilmiah Siswa SMA Melalui Kegiatan Pendampingan Karya Tulis Ilmiah Remaja

  • Sumiati Sumiati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Dian Saputri SMA Negeri 10 Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Karya tulis, Ilmiah, Remaja, KIR, Sains, Kreatif

Abstract

Literasi siswa saat ini sedang gencar dicanangkan di sekolah, tujuannya yaitu untuk meningkatkan semua aspek literasi pada peserta didik. Namun demikian, kemampuan literasi belum diimbangi dengan kemampuan menulis terutama ilmiah. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pendampingan bagi siswa dalam menulis karya ilmiah yang sesuai dengan kaidah penulisan yang baik dan benar. Metode yang digunakan yaitu pelatihan partisipatif dengan fokus utama pada kemampuan siswa dalam menulis. Mitra dalam kegiatan ini yaitu siswa kelas X di SMA Negeri 10 Purworejo yang mengikuti ekstrakurikuler KIR. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan positif pada siswa terkait kemampuan menulis, menyusun gagasan, melaksanakan kegiatan ilmiah, dan menyusun laporan dalam bentuk karya tulis ilmiah. Kegiatan ini berlangsung dengan baik sehingga luaran dari kegiatan maupun tujuan kegiatan pengabdian tercapai dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-27
How to Cite
Sumiati, S., Kurniawan, E. S., & Saputri, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Menulis Ilmiah Siswa SMA Melalui Kegiatan Pendampingan Karya Tulis Ilmiah Remaja. Jurnal Gerakan Mengabdi Untuk Negeri, 1(3), 79-85. https://doi.org/10.37729/gemari.v1i3.3868
Section
Articles