Strategi Pengembangan Bisnis Berbasis Added Value Pada Bengkel Sepeda Motor dan Modifikasi “Custom Corner”
Abstract
Bengkel sepeda motor dan modifikasi “Custom Corner” adalah usaha perbengkelan yang berdiri sejak tahun 2016. Bengkel ini diawali dengan pelayanan jasa perbaikan sepeda motor untuk wilayah Tambakrejo dan sekitarnya. Sejak dua tahun terakhir ini, bengkel tersebut telah menjadi tempat untuk modifikasi sepeda motor (motorcycle custom) dan juga telah menjadi member Motor Purworejo Custom (MPC). Pemilik usaha ini sangat menginginkan adanya masukan dalam pengembangan usaha bengkel ini. Permasalahan mitra yang prioritas dan akan didampingi oleh tim pengabdian dalam penyelesaianya: 1) Business development bengkel dan feasibility study; 2) Pengelolaan customer care and relationships; 3) Pembentukan sistem manajemen operasional dan sumber daya manusia; dan 4) Research & Development pada motor listrik. Hasil kegiatan ini menunujukkan bahwa: 1) Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan pada usaha Bengkel “Costum Corner” Purworejo, mendapatkan respon yang cukup baik; 2) Kegiatan pelatihan dan pendampingan yang diberikan kepada pengelola dan karyawan bengkel “Costum Corner” Purworejo telah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pada SDM bengkel tentang Pengelolaan customer care and relationships, Pembentukan sistem manajemen operasional dan sumber daya manusia yang sesuai dengan perkembangan bengkel, serta Research & Development pada motor listrik sebagai tenaga penggerak sepeda motor serta painting yang efisien untuk custom motorcycle; dan 3) Kegiatan pelatihan dan pendampingan telah memberikan bekal bagi pengelola dan karyawan bengkel “Costum Corner” Purworejo untuk lebih siap dalam memberikan jasa layanan servis pada pelanggan.
Downloads
Copyright (c) 2024 Arif Susanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.