Implementasi Posko Pintar Dalam Mendorong Kreativitas dan Inovasi Dalam Pembelajaran
Abstract
Salah satu masalah yang dihadapi masyarakat yaitu dalam dunia pendidikan dan literasi. Peningkatan literasi dikalangan anak-anak merupakan tantangan yang susah dipecahkan di era digital. Kegiatan dilaksanakan melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu kegiatan pengabdian dengan tujuan meningkatkan rasa empati mahasiswa terhadap mahasalah yang dihadapi masyarakat. KKN Universitas Muhammadiyah Purworejo dilaksanakan di desa Redin, kecamatan Gebang, kabupaten Purworejo. Pelaksanaan periode pengabdian dengan mengadakan aktivitas buku-buku cerita dan kegiatan interaktif lainnya. Program kerja yang dilaksanakan disebut posko pintar. Hasil penelitian menunjukan peningkatan yang signifikan dalam literasi anak-anak muda yang mengikuti program posko pintar. Pendekatan partisipatif yang digunakan mampu merangsang minat membaca dan menumbuhkan ketrampilan literasi lebih baik. partisipasi aktif dari masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan program memberikan dampak positif terhadap penerimaan dan keberlanjutan Posko Pintar sebagai sarana peningkatan literasi. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktis cara efektif meningkatkan literasi di tingkat komunitas melalui keterlibatan masyarakat secara langsung dan partisipatif. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai landasan untuk pengembangan kebijakan literasi yang lebih holistik dan terkini di tingkat lokal.
Downloads
Copyright (c) 2024 Krista Mutiara Wijayanti, Sri Widodo, Syahrul Romadzona, Mohammad Julivan Mutaqim, Via Sita Rahayu, Eka Fitriya Widianti, Fatkhatun Nisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.