Membangun Branding Produk Dawet Hitam dan Kripik Pisang Melalui Pendampingan Labeling dan Strategi Pemasaran Pada Pelaku UMKM di Kabupaten Purworejo

  • Umi Faizah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Siwi Lestari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Muhammad Rizqi Henson Saputra Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Renita Dhian Astuty Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Branding, Labelling, Pemasaran, Dawet ireng, Kripik pisang., Branding, Labelling, Pemasaran, Dawet ireng, Keripik pisang

Abstract

Produk-produk kuliner hasil produksi UMKM di beberapa wilayah umumnya belum dikenal dengan baik oleh konsumen karena kurangnya promosi, pengemasan yang kurang menarik, dan belum memiliki nomor induk berusaha. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan edukasi kepada mitra kegiatan terkait upaya membangun branding produk UMKM melalui labelling dan strategi pemasaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bingkai KKN Tematik UM Purworejo ini menggunakan metode pendampingan partisipatif kepada mitra yaitu pelaku usaha Dawet Hitam dan Kripik Pisang Khas Purworejo. Hasil kegiatan menunjukkan kegiatan berlangsung dengan baik dan lancar, dari proses observasi, proses sosialisasi, hingga pendampingan pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB). Mitra telah memiliki branding dan labelling dari produknya sehingga diharapkan lebih dikenal masyarakat umum dan dapat meningkatkan pemasaran produk-propduk UMKM di kabupaten Purworejo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-09-29
How to Cite
Faizah, U., Lestari, S., Saputra, M. R. H., & Astuty, R. D. (2023). Membangun Branding Produk Dawet Hitam dan Kripik Pisang Melalui Pendampingan Labeling dan Strategi Pemasaran Pada Pelaku UMKM di Kabupaten Purworejo. Jurnal Gerakan Mengabdi Untuk Negeri, 1(3), 97-102. https://doi.org/10.37729/gemari.v1i3.4253
Section
Articles