Membangun Branding Produk Dawet Hitam dan Kripik Pisang Melalui Pendampingan Labeling dan Strategi Pemasaran Pada Pelaku UMKM di Kabupaten Purworejo
Abstract
Produk-produk kuliner hasil produksi UMKM di beberapa wilayah umumnya belum dikenal dengan baik oleh konsumen karena kurangnya promosi, pengemasan yang kurang menarik, dan belum memiliki nomor induk berusaha. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan edukasi kepada mitra kegiatan terkait upaya membangun branding produk UMKM melalui labelling dan strategi pemasaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bingkai KKN Tematik UM Purworejo ini menggunakan metode pendampingan partisipatif kepada mitra yaitu pelaku usaha Dawet Hitam dan Kripik Pisang Khas Purworejo. Hasil kegiatan menunjukkan kegiatan berlangsung dengan baik dan lancar, dari proses observasi, proses sosialisasi, hingga pendampingan pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB). Mitra telah memiliki branding dan labelling dari produknya sehingga diharapkan lebih dikenal masyarakat umum dan dapat meningkatkan pemasaran produk-propduk UMKM di kabupaten Purworejo.
Downloads
Copyright (c) 2024 Umi Faizah, Siwi Lestari, Muhammad Rizqi Henson Saputra, Renita Dhian Astuty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.